by

Piala AFF 2016, Ujian Pertama Edy Rahmayadi

edyrahmayadi
Ketum PSSI, Edy Rahmayadi. (foto:sidomi)

JAKARTA,bagitu.com—Tim Nasional Sepak bola Indonesia akan mulai berjuang dalam perhelatan Piala AFF di Filipina. Turnamen ini akan berlangsung dari 19 November hingga 17 Desember mendatang. Kejuaraan ini merupakan ajang pertama yang diikuti tim garuda di bawah kepemimpinan Edy Rahmayadi, Ketua Umum PSSI yang baru terpilih. Banyak pihak yang berharap terpilihnya Pangkostrad Edy Rahmayadi bisa membawa angin segar dalam perkembangan sepakbola Indonesia. Hal ini tentu sangat beralasan, karena sebelumnya Indonesia sempat dihukum FIFA tidak bisa ikut di ajang internasional karena karut-marut persepakbolaan di tanah air. PSSI sempat terlibat konflik dengan pemerintah di bawah Kemenpora.

“Semoga terpilihnya Edy Rahmayadi, prestasi Indonesia bisa lebih baik. Dengan jabatannya sebagai Pangkostrad juga diharapkan bisa menjalin kerjasama dengan pemerintah. Banyak pekerjaan yang harus dibenahi dengan cepat oleh ketua umum terpilih, ” kata Menpora, Imam Nahrowi.

Belakangan, terpilihnya dua wakil Ketua, Joko Driyono dan Iwan Budianto dinilai masih membawa gerbong lama yang diindikasikan dengan mafia  sepak bola, pengaturan skor dan judi bola internasional.

Edy Rahmayadi berjanji akan membenahi semua permasalahan yang ada di PSSI serta mempersiapkan Tim Nasional yang akan bertanding di kejuaran internasional.

“Paling dekat adalah Piala AFF. Setelah itu ada SEA Games 2017, Asian Games 2018, lalu kualifikasi Piala Dunia,  harus secepatnya dipersiapkan,” janjinya.

Dalam pemilihan yang dilangsungkan di hotel  di Hotel Mercure, Ancol, Jendral bintang tiga ini mendapat 76 suara. Pesaing utamanya, mantan Panglima TNI, Moeldoko jauh tertinggal dengan 23 suara, sementara itu Walikota Batu, Eddy Rumpoko hanya meraih satu suara saja.

Tiga calon ketua umum lainnya, Kurniawan Dwi Yulianto , Sarman, dan Bernhard Limbong  tidak mendapatkan satu suara pun. Erwin Aksa dan Toni Apriliani yang juga masuk bursa ketua umum PSSI, memilih mengundurkan diri dan mengalihkan suaranya kepada Edy Rahmayadi. Mantan ketua umum PSSI, Djohar Arifin Husin dinyatakan tak lolos verifikasi karena ditolak mayoritas pemilih.

Diketahui, pada piala AFF tahun 2016, Indonesia tergabung dalam grup A bersama tuan rumah Filipina, dan tim kuat Thailand dan Singapura.  Sementara di grup B, tuan rumah Myanmar akan meladeni perlawanan tim Malaysia, Vietnam dan Kamboja.

Timnas Indonesia bakal memulai pertarungannya di Piala AFF 2016 ini langsung menghadapi sang juara bertahan, Thailand di Phillippines Sports Stadium, 19 November malam ini.

Penulis: Franky Tangkudung                

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *