by

Isaac Wolf Beli Cincin Termahal Didunia Rp 962 Miliar

SWISS, bagitu.com – Lagu soundtrack film Pink Panther langsung bergema usai berlian bernama ‘pink star’ terjual di sebuah lelang di Kota Genewa, Swiss, pekan lalu. Pink Star dibeli seharga 83 juta dollar AS atau jika dirupiahkan Rp 962 miliar oleh Isaac Wolf pengusaha dari New York, Amerika Serikat (AS).

Tindakan Isaac Wolf tersebut menempatkannya sebagai satu-satunya orang yang membeli berlian termahal di dunia. Pengusaha berlian asal AS itu mengaku sangat yakin tak akan rugi membeli berlian yang sudah dibalut cincin tersebut. “Warnanya unik, langka, spesial. Membawa berkah,” katanya seperti dilansir BBC.

Cincin berlian termahal di dunia Rp 962 Miliar. (Sumber: bbc)
Cincin berlian termahal di dunia Rp 962 Miliar. (Foto: bbc)

Harga jual ‘pink star’ telah memecahkan rekor dalam perdagangan batu permata. Harga itu include dengan biaya jasa atau komisi untuk balai lelang Sotheby’s. Balai lelang di Swiss ini, secara professional menjual berlian ini dan menjadi sejarah tersendiri setelah berhasil menjual berlian termahal di dunia pada tahun 2016 ini.

Tak heran pula, setelah berhasil menjadi pemilik berlian ini, Isaac langsung memberi nama baru kepada ‘pink star’ yaitu menjadi ‘pink dream’. Pink dream ini sudah dipasangkan ke sebuah cincin yang cukup besar. Tentu saja sebab ukurannya lumayan yaitu 2,69 cm x 2,06 cm.

David Bennett dari Sotheby’s mengatakan pink star adalah berlian yang terhebat di dunia saat ini. Selain harganya yang paling mahal, kilauan cahaya yang dipancarkan berlian ini sangat berbeda. “Seperti menenangkan jiwa. Berlian ini memang sangat langka.”

Dalam pembuatannya berlian ini dipotong dan diukir menggunakan teknologi seni yang sangat canggih. Resiko keliru dalam pengukiran sangat berbahaya dan bisa membuat berlian ini tidak bernilai lagi. Makanya kolektor berlian selalu bekerjasama dengan orang yang sudah mahir dalam memotong, mengukir dan membentuk berlian. Bentuknya yang pas untuk sebuah cincin merupakan nilai tambah bagi cincin berlian yang juga otomatis menjadi cincin termahal di dunia.

Dikatakan David Bennett penjualan ini adalah rekor baru di dunia. Sebelumnya rekor lelang pada akhir 2013 lalu tertinggi ada berlian Graff Pink senilai 46,2 juta dollar AS atau setara Rp 528,8 Miliar. Ukurannya berkisar setengah dari ukuran pink star.

Berlian berwarna seperti merah jambu ini dalam 59,6 karat dan sebelumnya dilelang seharga 60 juta dollar AS atau sekira Rp 673 miliar. Perlu diketahui, Balai Lelang Sotheby’s sudah menjual berbagai jenis perhiasan dan mencapai nilai hampir 200 juta dollar AS dalam lelang tahun 2016 ini.

 

Penulis: Yudith Rondonuwu

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *