by

Usai Demo, Presiden Jokowi Minta Pendemo Kembali ke Rumah

JAKARTA, bagitu.com – Usai sholat jumat dan zikir akbar di Lapangan Monas Jakarta (2/12), Presiden RI Joko Widodo memberikan apresiasi kepada ribuan pendemo karena sesuai komitmen kepada pemerintah aksi para Umat Muslim ini berlangsung damai. Ketika menjumpai para pendemo Jokowi memberikan sambutan dan diakhiri dengan harapan supaya para pendemo segera pulang ke rumah masing-masing dengan selamat.

Suasana Aksi Bela Islam III di Lapangan Monas (Foto:setneg)
Suasana Aksi Bela Islam III di Lapangan Monas (Foto:setneg)

Dalam sambutannya di depan lautan manusia, Jokowi menyatakan rasa syukurnya dan penghargaan yang setinggi-tingginya karena semua yang hadir bisa menjaga keamanan dan ketertiban. “Terima kasih dan selamat kembali ke tempat asal ke tempat tinggal masing-masing. Wasallam,” ungkap Jokowi yang didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Sambutan yang singkat itu disambut seruan takbir ‘Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar..’ oleh orator demo dan ribuan pendemo di lokasi tersebut. Jokowi dan Jusuf Kalla menyambut hangat sambutan massa kendati keduanya dalam pengawalwan ketat sejumlah aparat keamanan.

Dalam aksi super damai ini ada ratusan orang yang harus mendapat penanganan medis bahkan dilarikan ke rumah sakit karena sesak nafas, mual, pusing dan demam. Hujan deras menguyur cukup lama mulai dari jam sholat sampai berita ini diturunkan masih gerimis.

Lokasi yang padat pendemo selain di Lapangan Monas tetapi juga Bundaran HI, Kawasan Patung Kuda, Thamrin, hingga di daerah Pasar Baru Jakarta. Demonstrasi damai yang bertajuk aksi ‘Bela Islam Jilid III’ ini juga berlangsung di sejumlah daerah di Indonesia antara lain di Lapangan Karebosi, Makassar, Sulawesi Selatan.

Dalam aksinya para orator meneriakkan tentang kasus penistaan agama dan menyebut-nyebut agar Calon Gubernur DKI Incumbent Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok, harus bertanggungjawab dan dihukum jika terbukti bersalah. Hadir dalam demo ini dan mendominasi orasi yaitu Ketua FPI dan sejumlah ulama lainnya.

Sampai berita ini diturunkan lautan massa masih terlihat Lapangan Monas dan sekitarnya. Namun sudah terjadi pergerakan massa yang berjalan menuju keluar lokasi demo. Kondisi pakaian yang basah diprediksi membuat massa akan bergegas pulang ke tempat tinggal masing-masing.

Penulis: Yudith Rondonuwu

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *