Ini Dia 2 Perisitiwa Unik Penyebab Kecelakaan Pesawat di 2016

KECELAKAAN pesawat bisa terjadi kapan saja dan di negara manapun. Kecelakaan pesawat umumnya terjadi karena kesalahan manusia, kerusakan mesin atau cuaca yang sangat buruk. Nah, di tahun 2016 ini ada dua peristiwa kecelakaan pesawat yang penyebab utamanya sangat unik, yaitu:

Egyptair (sumber: dailystar)

Egyptair (sumber: dailystar)

1. Melihat UFO

Pesawat EgyptAir MS804 yang terbang dari Bondrum ke Istanbul mengalami kecelakaan dan jatuh di Mediterania sebuah wilayah yang berada di antara Turki dan Mesir. Kejadian itu terjadi Kamis, 19 Mei 2016 malam dan memakan korban jiwa 66 orang, tewas.

Sebelum hilang kontak, kedua pilot dalam pesawat tersebut mengatakan mereka sedang panik ketika melihat UFO (Unidentified Flying Object). Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, UFO adalah pesawat yang aneh dan tidak dikenal. UFO adalah pesawat yang berbentuk seperti piring terbang dan selalu diidentikkan dengan alien si makhluk luar angkasa. Mereka sempat melaporkan hal itu pada pukul 23.30 malam waktu setempat, dengan keterangan sedang berada pada ketinggian 17.000 kaki di Distrik Silivri, Istanbul.

Mereka menyebut ada objek tak dikenal dengan lampu hijau melewati mereka dan tiba-tiba hilang. Mereka menyebut adanya UFO. Setelah itu pesawat itu hilang dari radar komunikasi dan rupanya sudah tenggelam di laut Mediterania.

Sebelumnya, mereka sempat melakukan panggilan darurat. Ada rekaman suara antara pilot dengan air traffic controller (ATC), pengatur lalu lintas di Zurich, Swiss dan akhirnya kehilangan kontak. Dalam rekaman itu pilot Airbus A320 itu sempat mengucapkan terima kasih dalam Bahasa Yunani kepada pusat kendali.

Pada 21 Mei 2016 militer Mesir merilis gambar bangkai kapal, koper dan beberapa bagian tubuh manusia. Namun demikian, kecelakaan ini menjadi misteri karena ‘kotak hitam’ yang berfungsi merekam data penerbangan dan transmisi kokpit belum ditemukan.

Ini bukan kali pertama. Pesawat tabrakan dengan UFO pernah terjadi pada pesawat AirChina Boeing 757 rute Chengdu-Guangzhou pada Juni 2013 lalu. Pesawat ini harus mendarat paksa karena menabrak obyek asing pada ketinggian 26 ribu kaki atau 7.924 meter. Sempat beredar foto-foto hidung pesawat AirChina yang penyok berbentuk seperti lubang yang besar yang diduga akibat tabrakan dengan UFO.

2.Tabrakan dengan elang

Pesat terbang Tarco Air Boeing 737 mendarat darurat di Bandara El Fasher, Sudan setelah tabrakan dengan satu ekor burung elang. Perisitiwa unik ini terjadi pada September 2016 lalu dan menyebabkan pesawat harus mendarat darurat.

Pesawat tabrak burung. (sumber: airnestaffrates)

Pesawat tabrak burung. (sumber: airnestaffrates)

Burung itu membuat wajah pesawat lecet bahkan seperti ada lubang dibagian hidung pesawat. Sebenarnya hal yang wajar jika pesawat yang tabrakan dengan burung yang memang areal kehidupannya di udara. Semua sekolah penerbangan membahas hal ini dan memberikan pengetahuan kepada pilot supaya bisa menghadapi binatang apapun saat penerbangan.

Tidak ada korban jiwa dari peristiwa ini. Semua awak kapal dan 108 penupang selamat. Hanya saja maskapai harus menganti dengan pesawat yang lain untuk melanjutkan penerbangan sesuai rutenya.

Peristiwa pesawat tabrak burung juga pernah terjadi pada Agustus 2016. Pesawat Thomson dari Paphos, Yunani harus kembali mendarat di Bandara Birmingham, Inggris karena ‘dicium’ burung. Masih di Bulan Agustus, Pesawat Qatar Airways juga harus memutar balik dan mendarat darurat di Bandara Ataturk Istanbul karena tabrakan dengan burung. Ratusan penumpang dan awak harus dievakuasi karena saat mendarat darurat entah karena panik atau kerusakan mesin, pesawat mengeluarkan percikan api.

Nah, sebenarnya apapun penyebabnya bisa diantisipasi dan terutama pilot, awak dan penumpang harus bersikap tenang jika terjadi sesuatu yang tidak biasa dalam penerbangan. Tidak panik dan segera mencari solusi adalah tindakan utama yang bisa meminimalisir kecelakaan pesawat. Ingat? Panik tidak menyelesaikan masalah justru bisa menambah masalah.

Penulis: Yudith Rondonuwu  

Tags: