by

Prabowo Pimpin Pesilat, Jokowi Jadi Pendekar Utama

Joko-dan-Bowo
Presiden Jokowi saat mengunjungi Prabowo waktu lalu. (foto:kompas)

BALI, bagitu.com — Prabowo Subianto secara aklamasi terpilih sebagai ketua Ikatan pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) untuk keempat kalinya dalam Musyawarah Nasional (Munas) IPSI XVI di Inna Grand Beach Hotel, Minggu (4/12).

Prabowo terpilih secara aklamasi menyusul diterimanya Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) masa bakti Ketua Umum PB.IPSI periode 2012-2016 oleh seluruh peserta Munas dan tak ada sosok lain yang dimajukan dalam bursa calon ketua. Tercatat ada 50 suara dalam Munas IPSI yang terdiri dari utusan 10 perguruan historis,  6 perguruan besar dan 34 pengprov IPSI seluruh Indonesia.

Munas diikuti utusan dari 10 perguruan historis, 6 perguruan besar, dan 34 pengurus provinsi. Sepuluh perguruan historis adalah Persaudaraan Setia Hati, Persaudaraan Setia Hati Terate, Keluarga Silat Nasional Indonesia Perisai Diri, Perguruan Silat Nasional Perisai Putih, Perguruan Seni Beladiri Indonesia Tapak Suci Putera, Phashadja Mataram, Perguruan Pencak Indonesia Harimurti, Persatuan Pencak Silat Indonesia, Persatuan Pencak Silat Putra Betawi, Keluarga Pencak Silat Nusantara. Sedangkan enam perguruan besar yaitu Satria Muda Indonesia, Merpati Putih, Kalimasada, PSTD, Persinas ASAD, dan Pagar Nusa.

“Terima kasih kepercayaan saudara, Saya ingin menyatakan siap menerima jabatan ketua umum PB.IPSI baru.” Katanya dalam sambutan pertama sesaat setelah terpilih, Minggu (04/12/2016).

Prabowo Subianto yang juga menjabat Presiden Federasi Silat Dunia berharap ke depan para pengurus mampu lebih memajukan silat ke dunia, apalagi di waktu yang sama di GOR Lila Bhuana, Bali sedang berlangsung Kejuaraan Dunia Pencak Silat yg diikuti 40 negara. Indonesia menargetkan mempertahankan juara umum, setelah sukses mengoleksi 9 emas di Phuket, Thailand 2015.

“Kita harus mengembalikan kejayaan Pencak Silat. Target kita bisa mempertahankan Juara dunia yang dulu sempat lepas ke Vietnam. Kita harus merasa bangga dan terhormat, karena negara lain belajar budaya kita dengan tekun dan rajin. Namun, jika kita kalah pasti akan merasa tersentak” katanya.

Hal menarik, Prabowo Subianto menobatkan gelar Pendekar Utama kepada Presiden Joko Widodo sekaligus berkenan menutup Kejuaraan Dunia, Kamis (8/12) mendatang. Kapolri Tito karnavian dan Panglima TNI Gatot Nurmantyo juga didaulat menjadi Pembina IPSI.

Diketahui, Prabowo Subianto yang telah mencatatkan 4 kali ketua umum, yakni masa bakti 2003-2007, 2007-2012, 2012-2016 dan 2016-2020.

Banyak prestasi yang sudah ditorehkan Subianto seperti gelar juara umum di SEA Games 2011 dan SEA Games 2013 di Myanmar serta berkembangnya pencak silat di seluruh dunia. Selain itu, untuk pertama kalinya pencak silat juga akan dipertandingkan di Asian Games 2018 mendatang.

Penulis: Franky Tangkudung

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *