by

Indonesia Juara Umum, Jokowi Resmi Pendekar Utama

jokowipendekar
Pendekar Utama Pencak Silat Jokowi bersama Prabowo Subianto. (foto:republika)

BALI, bagitu.com — Indonesia berhasil mempertahankan gelar juara umum di Kejuaraan dunia Pencak Silat, yang dilangsungkan di GOR Lila Bhuana, Bali 3-8 Desember. Dalam The 17 th World Championship and Festival itu, tim pencak silat Indonesia berhasil meraih total 12 medali emas meninggalkan kuda hitam, Vietnam yang meraih lima medali emas. Dalam kejuaraan yang diikuti 533 atlet dari 40 negara ini, Malaysia meraih 3 medali emas, Singapura 2 medali emas, Thailand dan Belgia masing-masing meraih sekeping medali emas.

Kejuaraan ini ditutup Presiden RI Joko Widodoyang Kamis (8/12) didampingi Presiden Persekutuan Pencak Silat Antarbangsa (Persilat) Prabowo Subianto, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Gubernur Bali Made Mangku Pastika.

Jokowi mengatakan, pencak silat kini bisa dijadikan komunikasi antar dunia karena sudah dikenal banyak negara. Dia juga akan berjuang agar pencak silat bisa dipertandingkan di olimpiade.

“Mari kita bersinergi mengharumkan pencak silat dan Indonesia di pentas dunia. Kita memang beda bahasa dan bangsa, tapi bisa berkomunikasi dalam pencak silat yang memperkuat karakter dan mental,” katanya.

Prabowo Subianto memberikan penghargaan “Pendekar Utama Pencak Silat” kepada Presiden Jokowi. Hal ini didasarkan, Jokowi dianggap tokoh yang memiliki karakter pendekar serta sumbangsihnya terhadap pembinaan dan pengembangan pencak silat di Indonesia.

“Ini merupakan penghargaan tinggi dari pencak silat dan bapak Prabowo Subianto, Terima kasih,” kata Presiden jokowi.

Jokowi menerima udeng (destar), keris, sertifikat, dan surat keputusan Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) yang diserahkan oleh Prabowo.

“Atas nama keluarga besar pencak silat dunia dan Indonesia, kami memberikan gelar sebagai pendekar utama pencak silat,” kata Prabowo Subianto.

Jokowi tiba di lokasi acara, GOR Lilla Bhuana di Denpasar, Bali, pukul 13.00 WITA, mengenakan baju Silat berwarna serba hitam lengkap dengan kain songket dan peci warna hitam.

Pencak Silat for The World: The 17 th World Championship and Festival ini merupakan kejuaraan pencak silat yang dibagi dalam 24 kategori, meliputi 18 nomor tanding dan enam nomor seni. Ajang ini juga menjadi media festival pencak silat dari berbagai negara, berupa pertunjukkan seni silat.

Diketahui, Pencak Silat adalah olahraga beladiri asli Indonesia. Pencak Silat tak terpisahkan dari budaya Indonesia. Tari Randai Minangkabau merupakan tarian yang diisi  gerakan silat, kerap ditampilkan dalam berbagai perhelatan dan acara adat Minangkabau. Begitu juga dalam prosesi pernikahan adat Betawi terdapat tradisi “palang pintu” yaitu peragaan silat Betawi yang dikemas dalam sebuah sandiwara kecil. Acara pra akad nikah ini menampilkan drama ketika pengawal pengantin pria mengalahkan pendekar kampung yang menaruh hati pada pengantin wanita.

Pencak Silat makin dikenal ketika Film The Raid mendunia. Trio aktor dalam film tersebut merupakan atlit pencak silat yaitu Iko Uwais, Yayan Ruhian, dan Cecep Arif Rahman. Hingga kini banyak pecinta bela diri dari negara lain tertarik mempelajari pencak silat.

Penulis: Franky Tangkudung.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *