by

Thailand Jadi lawan Indonesia di Final AFF

Tim Nasional Thailand AFF 2016. (foto:fcasia)

BANGKOK,bagitu.com—Thailand dipastikan bakal menjadi lawan Indonesia di babak Final AFF 2016, setelah dalam semifinal kedua berhasil menggunduli Myanmar 4-0. Dengan hasil ini Thailand unggul agregat 6-0, setelah di pertandingan semifinal pertama yang dilangsungkan di di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar juga menang 2-0.

Thailand sempat mendapatkan perlawanan dari Myanmar dengan permainan terbukanya. Namun Thailand yang kualitasnya lebih baik berhasil mencetak gol pertama di menit ke-33 lewat sundulan Sarawut Masuk. Skor 1-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, Thailand makin menemukan bentuk permainan terbaiknya. Menit ke-65, Thailand menggandakan keunggulan lewat eksekusi penalti Theerathon Bunmathan. Myanmar makin putus asa ketika sepuluh menit setelah gol penalti tersebut, Siroch Chatting membuat Thailand unggul lebih jauh. Chanathip Songkrasin menutup pesta gol malam itu, lewat golnya di menit ke-83.

Partai final nanti akan memainkan sistem home and away. Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah  Rabu (14/12), tiga hari setelahnya giliran Thailand yang menjamu tim Merah Putih. Indonesia kemungkinan besar akan memainkan laga kandangnya di Stadion Pakansari, Bogor seperti saat menjamu Vietnam di leg pertama semifinal. Stadion Gelora Bung Karno (GBK) yang biasanya menjadi kandang Indonesia kini sedang direnovasi menghadapi perhelatan Asian Games 2018.

Pertemuan kedua tim adalah partai ulangan, karena di fase grup keduanya sudah pernah bertemu. Saat itu Indonesia harus mengakui keunggulan tim gajah putih tersebut dengan skor 4-2.

Punggawa Tim Nasional Indonesia, Stefano Lilipaly mengakui Thailand memang lawan yang kuat. Tapi dia dan seluruh rekannya berjanji akan memberikan yang terbaik untuk kejayaan Indonesia.

“Thailand lawan yang sulit. Mereka tim yang bagus. Tapi, seperti yang anda lihat, kami bisa mengalahkan siapapun,” yakinnya.

Pertemuan ini juga sudah diprediksi peramu taktik Thailand, Kiatisuk Senamuang saat laga terakhir di kualifikasi grup.

“Selamat juga bagi Indonesia yang telah lolos. Mungkin kita bisa bertemu lagi di final,” katanya (25/11).

Diketahui, Thailand kini disebut-sebut merupakan tim terkuat di Asia Tenggara. Indonesia pernah dua kali bertemu Thailand di partai Final AFF tahun 2000 dan tahun 2002. Tahun 2000 Thailand mencukur tim Indonesia dengan skor 4-1. Dua tahun berikut, Indonesia kalah adu penalti 4-2.

Selama 20 tahun berlaga di piala AFF (sebelumnya bernama Tiger Cup) Indonesia tak pernah meraih juara. Prestasi terbaik Timnas Garuda adalah 4 kali masuk final dari 7 kali tampil sebagai semifinalis. Ini juga menjadi turnamen pertama Ketua Umum PSSI yang baru, Edy Rahmayadi yang terpilih 10 November lalu. Pelatih Alfred Riedl diharapkan bisa menghapus “kutukan” 20 tahun bagi Indonesia, sekaligus melepas julukan Mr. Runner Up yang disematkan kepadanya, karena prestasi tertingginya adalah 6 kali menjadi runner up di tingkat Asean.

Penulis :Franky Tangkudung.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *