by

Lakoni Partai Final Piala AFF, Indonesia Dapat Dukungan Presiden FIFA

Gianni Infantino
Presiden FIFA Gianni Infantino (GettyImages)

BAGITU.COM  – Tim nasional sepakbola Indonesia akan melakoni partai final Piala AFF 2016 melawan Thailand setelah mengalahkan Vietnam dipartai semifinal dengan agregat 4-3. Ini merupakan partai final kelima untuk Indonesia di ajang Piala AFF, namun Indonesia sejauh ini hanya mampu menjadi runner-up.

Dukungan bagi timnas Indonesia datang dari Presiden FIFA Gianni Infantino melalui Sekretais Jendral PSSI Ade Wellington. Dukungan itu disampaikan Infantino kepada Ade disela-sela pelaksanaan FIFA Summit 2016 pada Kamis (8/12/2016) di Singapura.

Menurut Ade, Infantino memberikan perhatian terhadap sepakbola Indonesia. Infantino melihat adanya perkembangan yang positif dalam sepakbola Indonesia, itulah salah satu pertimbangan pencabutan sanksi FIFA terhadap Indonesia. Infantino juga memberikan apresiasi terhadap Indonesia yang mampu melaju kebabak final Piala AFF 2016.

Timnas Indonesia tidak hanya memperjuangkan gelar juara, tapi juga berjuang untuk reputasi sepakbola Indonesia dimata dunia. Termasuk untuk memperjuangkan Peratuan Sepakbola Indonesia (PSSI) dimata Federasi Sepakbola Internasional (FIFA).

Indonesia sempat mendapat sanksi dari FIFA berulang kali, terakhir kali FIFA menjatuhkan sanksi selama satu tahun yang resmi dicabut pada Maret 2016 lalu. Pencabutan sakni FIFA itu kemudian menggerakan PSSI untuk berbenah diri dalam banyak hal.

Dunia sepakbola Indonesia terus menunjukan perkembangan positif selama terkena sanksi FIFA. Beberapa kompetisi digelar untuk memperbaiki dunia sepakbola Indonesia, seperti Piala Jendral Sudirman, Piala Bhayangkara, dan Bali Island Cup.

Setelah sanksi FIFA dicabut, insan sepakbola Indonesia bersepakat untuk mengadakan kompetisi yang bisa merangkul semua pihak, yaitu Indonesia Soccer Championship. Sementara itu pihak pemerintah mengadakan kompetisi Liga Nusantara untuk membangkitkan semangat dunia sepakbola.

PSSI sendiri berhasil menggelar kongres pada November 2016 lalu yang membawa PSSI pada babak baru. Semua pihak berharap dengan hasil kongres PSSI ini mampu membawa kebangkitan sepakbola Indonesia. Hal itu terbukti dalam perhelatan Piala AFF 2016, Indonesia mampu mencapai partai final dengan penuh perjuangan.

Secara umum, Thailand memang difavoritkan untuk menjadi duara Piala AFF 2016. Kualitas sepakbola Thailand sejauh ini memang diakui lebih baik dari Indonesia. Indonesia sendiri berjuang mati-matian sejak pertandingan fase grup Piala AFF. Hal itu terbukti mampu membawa Indonesia kepartai final Piala AFF.

Partai final Piala AFF 2016 akan dilaksanakan 2 leg, Indonesia dan Thailand masing-masing akan melakoni partai kandang-tandang. Leg pertama final Piala AFF 2016, Indonesia akan menjamu Thailand di Stadion Pakansari Bogor pada rabu (14/12/2016). Leg kedua, Thailand akan menjamu Indonesia di Stadion Rajamanggala Bangkok pada Sabtu (17/12/2016).

Penulis: Leon Manua.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *