by

Ungguli Messi dan Griezmann, Ronaldo Raih Ballon d’Or

Ronaldo meraih Ballon d’Or 2016. (foto:ronaldo7)

Zurich, bagitu.com— Persaingan superstar Real Madrid asal Portugal, Christiano Ronaldo dengan megabintang Barcelona dari Argentina, Lionel Messi makin memanas. Hal ini menyusul pengumuman pemenang penghargaan ballon d‘or 2016 yang dilakukan di Zurich, Senin (12/12)

Dalam pengumuman tersebut, Christiano Ronaldo unggul dari Lionel Messi dan bintang Perancis yang bermain untuk Atletico Madrid, Antoine Griezmann.

Ronaldo memenangkan Ballon d’Or keempatnya setelah performanya sangat cemerlang pada tahun 2016. Dia berhasil memenangkan Liga Champions bersama Madrid dan meraih gelar Piala Eropa.

Namun, Ronaldo tak hadir dalam penyerahan penghargaan tersebut karena klubnya Real Madrid  tengah mempersiapkan diri tampil di ajang Piala Dunia Antarklub.

Musim lalu, Ronaldo mencetak 16 gol di Liga Champions musim lalu. Mantan pemain Manchester United itu total mencetak 38 gol untuk Madrid dan 13 gol untuk Timnas Portugal sepanjang 2016.

Ini merupakan gelar Ballon d’Or keempat yang dimenangkan oleh Ronaldo. Sebelumnya dia meraih ‘Bola Emas’ pada 2008, 2013, dan 2014. Jumlah gelar Ballon d’Or Ronaldo masih kalah satu dari Messi yang sudah meraihnya selama lima kali.

Mulai tahun ini, Ballon d’Or sudah dipisah dari penghargaan pemain terbaik FIFA. Penghargaan ini kembali dikelola secara mandiri oleh France Football. Pemenang Ballon d’Or dipilih oleh 173 junalis yang tersebar di seluruh penjuru dunia.

Sebelumnya, Christiano Ronaldo bangga usai bisa memenangkan gelar Internasional perdananya di Portugal.

“Memenangkan trofi pertama bersama Portugal sebelumnya tak ada di CV saya. Itu adalah salah satu momen tak terlupakan di hidup saya. Saya jelas juga tidak akan melupakan kemenangan di Liga Champions. Namun bedanya, Madrid terbiasa memenangkan trofi, Portugal tidak. Saya tidak ingin tak menghormati Liga Champions, namun memenangkan Euro amat spesial, levelnya berbeda,” katanya.

Dia menghargai penghargaan individual namun kepentingan selalu jadi utama, karena memenangkan sebuah piala adalah prestasi tim.

“Saya harus berterima kasih pada semua rekan saya. Anda bisa bayangkan betapa bangga saya menerima trofi yang luar biasa ini. Mana yang lebih penting, memenangkan trofi ke-5 atau juara lagi bersama Portugal? Saya kira keduanya sama penting. Saya akan terus coba melakukan yang terbaik.” Katanya.

Penulis :Franky Tangkudung.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *