by

Thailand vs Indonesia, Tak Mungkin Gajah Menendang Garuda

BAGITU – Ada banyak kesamaan hidup masyarakat  Indonesia dan Thailand. Tetapi di beberapa hal Thailand dan Indonesia berbeda secara prinsip dan karakter. Tetapi ada beberapa hal yang Indonesia bisa belajar dari Thailand,  antara lain mereka lebih menonjol dalam pengembangan olahraga. Namun, sangat mungkin Thailand sedang belajar pada kekalahan atas Boaz Salossa dkk 2 – 1 di final leg pertama Piala AFF 2016.

Thailand vs Indonesia. Akankah di kandangnya Gajah Putih sanggub menendang Garuda Merah Putih. Tidak mungkin. (Foto:antara)

Thailand dan Indonesia sama-sama negeri yang indah dan kaya sumber daya alam. Kedua negara dikenal sama-sama memiliki semangat juang meraih kesejahteraan dan kemenangan untuk rakyat. Inilah beberapa kesamaan Indonesia dan Thailand :

  1. Kedua negara sama-sama anggota ASEAN dan memiliki komitmen kuat mengembangkan perekonomian regional dan perdamaian di kawasan Asia Tenggara.
  2. Thailand dan Indonesia adalah negara yang sama-sama memiliki latar belakang kultur Agama Hindu dan Budha. Ini ditandai dengan banyaknya candi dan kuil-kuil tua di kedua negara.
  3. Indonesia dan Thailand sama-sama memiliki basis ekonomi yang kuat di sektor pertanian, perikanan, dan pariwisata.
  4. Kedua negara sama-sama memiliki iklim tropis dan menjadi bagian penting dunia menjaga lapisan ozon. Suhu udara kedua negara berada di kisaran 18 -35 derajat celsius. Kedua negara sering mendapat peringatan masyarakat internasional untuk mengawal ketersediaan dan kelestarian hutan.
  5. Tahun 1997 – 1998 Indonesia menjadi senasib karena kedua negara dilanda krisis ekonomi yang serius. Hingga kini kedua negara sedang berusaha bangkit dari keterpurukan ekonomi yang masih membekas.
  6. Thailand sama-sama memiliki destinasi wisata andalan Phuket, sedangkan Indonesia memiliki Bali. Keduanya mengandalkan wisata alam pantai dan kultur yang unik.

Thailand dan Indonesia ternyata memiliki beberapa perbedaan yang cukup mencolok yang membuat karakter sosial kedua negara jelas berbeda. Inilah beberapa kondisi yang membedakan antara Indonesia dan Thailand :

  1. Thailand memiliki penduduk mayoritas beragama Budha. Sedangkan Indonesia mayoritas Muslim. Sebaliknya, agama Budha termasuk minoritas di Indonesia; dan agama Muslim minoritas di Thailand.
  2. Thailand adalah negara monakhi yang dipimpin seorang raja selaku Kepala Negara. Pemerintahan dijalankan oleh parlemen dipimpin oleh Perdana Menteri, selaku kepala pemerintahan. Sedangkan Indonesia adalah negara repoblik yang dipimpin presiden selaku  kepala negara sekaligus kepala pemerintahan.
  3. Sektor pendidikan Thailand tercatat lebih cepat berkembang dari Indonesia. Ini ditandai dengan tingkat melek huruf di Thailand sudah lebih dari 90 persen. Di Thailand hampir tidak ditemukan warganya yang buta huruf. Sementara Indonesia tingkat melek hurufnya masih berada di kisaran 80 persen.
  4. Di bidang olahraga, Thailand menjadi negara yang menonjol di Asia bersaing dengan China, Jepang, dan Korea Selatan. Sedangkan perkembangan olahraga Indonesia masih tertinggal dibanding Thailand. Thailand terkenal karena olahraga Thaiboxing, dan memiliki atlet-atlet juara dunia cabang tinju, thaiboxing, dan atletik. Sedangkan Indonesia lebih hanya terkenal dari cabang Bulutangkis.
  5. Khusus cabang sepak bola di ASEAN, Thailand memiliki catatan lebih unggul dari Indonesia dalam 15 tahun terakhir ini. Untuk perebutan Piala AFF, Indonesia belum pernah jadi juara, sedangkan Thailand sudah tiga kali juara yakini tahun 2007, 2008, dan 2012. Sejauh ini pesepakbola Indonesia hanya sampai di runner-up Piala AFF tahun 2000, 2002, 2004, dan 2010.

Memang ada banyak kesamaan antara dua negara rumpun ASEAN ini. Namun di lapangan hijau, Tim Gajah Putih tetap saja berbeda dengan Tim Garuda Merah Putih. Di Indonesia, Tim Garuda Merah Putih berhasil mencakar Tim Gajah Putih. Lantas apakah dari kandang Thailand, Gajah Putih bisa menendang pulang Garuda Merah Putih ? Tak mungkin Gajah menendang Garuda. Kita akan jadi saksi.

Penulis : Joppie Worek

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *