by

Ronaldo Hattrick, Madrid Juara PD Antarklub

Real Madrid menjuarai Piala Dunia Antarklub 2016. (foto:fifa)

YOKOHAMA, bagitu.com— Tim asal Spanyol, Real Madrid akhirnya kembali menambah gelar trofinya setelah dalam final kejuaraan Piala Dunia antarklub di Stadion Nissan, Yokohama menaklukkan wakil asia, juara Liga Jepang Kashima Antlers 4-2. Kemenangan Madrid ini ditentukan oleh megabintang asal Portugal, Christiano Ronaldo yang memborong tiga gol.

Meski di atas kertas, Real Madrid akan meraih kemenangan dengan mudah, namun ternyata perlawanan alot diberikan wakil Jepang tersebut. Madrid yang sebelumnya unggul lewat gol Karim Benzema di menit 9, harus tertinggal lewat dua gol yang diciptakan Gaku Shibasaki di menit 44 Shibasaki dan menit 52.

Madrid akhirnya menyamakan skor lewat gol penalti Cristiano Ronaldo di menit 60. Hadiah penalti didapat Madrid setelah bek Kashima Shuto Yamamoto menjatuhkan Lucas Vaquez. Skor imbang tersebut bertahan hingga waktu normal berakhir dan dilanjutkan dengan babak tambahan.

Ronaldo membuktikan dirinya sebagai pembeda setelah mencetak gol  di menit 97 meneruskan assist Benzema serta di menit 104 meneruskan tendangan Kroos.

Selain gelar juara, Christiano Ronaldo juga memborong gelar individu yakni pemain terbaik dan pencetak gol terbanyak. Ronaldo memuncaki daftar pencetak gol karena mengemas 4 gol dari dua laga. Ronaldo juga dianugerah Bola Emas sebagai pemain terbaik turnamen. Rekan satu timnya, Luka Modric, dianugerahi Bola Perak. Bola Perunggu menjadi pencetak gol Antlers pada laga final, Gaku Shibasaki. Klub asal Jepang itu juga mendapat gelar hiburan sebagai tim fair play.

Minggu sebelumnya, Christiano Ronaldo juga berhasil meraih penghargaan Ballon d’Or menyisihkan Lionel Messi dan Antoine Griezmann. Ini kali keempat Ronaldo meraih Ballon d’Or.

Diketahui, Piala Dunia Antar Klub digelar pada 8-18 Desember 2016 di Jepang dengan tujuh tim peserta, yang merupakan juara kejuaraan antarklub di benua masing-masing. Mereka adalah Atletico Nacional (juara Copa Libertadores), Real Madrid (juara Liga Champions), Jeonbuk Hyundai Motors (juara Liga Champions Asia), Mamelodi Sundowns (juara Afrika), América (juara Concacaf),  Auckland City (juara Oseania) dan Kashima Antlers juara Liga Jepang dan tim tuan rumah.

Berikut adalah daftar peringkat akhir klub:

  1. Real Madrid (Liga Champions Eropa)
  2. Kashima Antlers (Juara Liga Jepang, tuan rumah)
  3. Atletico Mineiro (Juara Copa Libertadores)
  4. Club America (Juara Liga Champions CONCACAF)
  5. Jeonbuk Hyundai Motors (Juara Liga Champions Asia)
  6. Mamelodi Sundowns (Juara Liga Champions Afrika)
  7. Auckland City (Juara Liga Champions Oseania)

Penulis : Franky Tangkudung

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *