by

Selain Mourinho, PSSI juga Lirik Hiddink Latih Timnas

Guus Hiddink dan Jose Mourinho dilirik menjadi pelatih PSSI. (foto:static)

JAKARTA, bagitu.com— Gagalnya Tim nasional Indonesia menjuarai piala AFF 2016 membuat PSSI dan Pemerintah melakukan evaluasi. Persiapan matang sebelum terjun di sebuah turnamen besar menjadi sebuah keharusan.

Faktor teknis juga kini menjadi target utama untuk membenahi permainan Tim nasional Indonesia yang dinilai sudah tertinggal dari negara rival di Asia Tenggara seperti Singapura, Vietnam dan Thailand.

Menteri Negara Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi juga menyadari hal ini. Dia bahkan menyebut keinginannya untuk mendatangkan pelatih berkualitas nomor wahid untuk memoles bakat-bakat pemain Tim Nasional Indonesia.

Imam mengatakan keinginannya untuk mendatangkan mantan pelatih Korea Selatan yang membawa Korsel melaju hingga babak semifinal piala dunia 2002, Guus Hiddink.

“Boleh saja misalnya Hidink didatangkan ke sini. Intinya kita semua harus saling transparan. PSSI punya blue print seperti apa, pemerintah tugasnya di mana dan sponsor juga pasti ada,” katanya Selasa (20/12).

Keinginan mendatangkan pelatih asal Belanda tersebut bukan kali pertama. Sebelumnya Imam juga berniat mendatangkan pelatih asal Portugal yang kini menangani tim asal Inggris Manchester United, Jose Mourinho.

Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono menegaskan bahwa pemilihan pelatih adalah wewenang federasi. Namun dia tak menutup saran dari Menpora tersebut.

“Ini kewenangan federasi. Kita menerima saran dari siapa pun termasuk Menpora,” kata Joko.

Nasib pelatih Alfred Riedl pascagelaran AFF 2016, belum ditentukan. Kabarnya PSSI akan memutuskan pada Januari 2017 mendatang.

Ketua PSSI, Edy Rahmayadi mengatakan, Alfred Riedl sudah menyatu dengan pemain dan sepakbola Indonesia. Namun untuk perpanjangan kontrak, Edi menilai masih perlu dibahas dalam musyawarah PSSI.

Diketahui, Pelatih Asal Austria Alfred Riedl sudah tiga kali menangani PSSI dalam turnamen piala AFF. Pada tahun 2010 dan 2016, Riedl berhasil membawa Indonesia masuk ke babak Final. Namun, Indonesia selalu gagal membawa pulang trofi AFF. Pada 2010 Indonesia dikalahkan Tim Jiran Malaysia, sedangkan pada 2016 Indonesia ditaklukkan Tim gajah Putih Thailand. Pada tahun 2014, Indonesia tak lolos dalam kualifikasi grup.

Sebagai perbandingan, Alfred Riedl digaji PSSI kurang lebih sekitar 1,5 Miliar per musimnya, sedangkan klub Manchester United membayar Mourinho 12 juta pounds atau sekitar Rp 239 miliar untuk satu musim.

Penulis: Franky Tangkudung

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *