Sepuluh Kota Terapung yang Kini Menjadi Tujuan Wisata Dunia

ADA banyak kota terapung di dunia. Semua memiliki ciri khas dan keunikan sendiri. Berikut sepuluh kota terapung yang bisa menjadi tujuan wisata Anda;

1.Kota Venice, Italia

Kota Venice, Italia. (foto: net).

Beberapa film syuting di kota ini termasuk film James Bond 007. Kota Venice memang terkenal sebagai kota yang wajah aslinya tak banyak berubah sampai saat ini. Terdiri dari lebih 115 pulau kecil, Kota Venice menjadi kota tujuan wisata dunia.

Setelah Kekaisaran Romawi Barat jatuh, Kota Venesia menjadi kota penghiburan. Sejak saat itu, kota ini terus dibangun mulai dari pembangunan di atas kayu pancang yang di dorong ke dalam tanah berpasir hingga penambahan kanal. Dalam perjalanannya kota ini pernah hamper mengalami kehancuran karena kanal kota yang besar mulai dimasuki kapal kargo yang besar juga kapal-kapal pesiar. Hal itu menyebabkan banyak air laut masuk ke sistem saluran dan terjadilah erosi bangunan serta pendangkalan.

2.Kota St. Petersburg, Rusia

St. Petersburg merupkan kota terapung yang juga bagian dari cabang Laut Baltik. Kota ini berdiri tahun 1712 di atas beberapa pulau dengan rawa, dan terdapat kanal kota yang digali untuk memperlancar keluar masuk air. Kanal ini berfungsi juga untuk memperlancar transportasi dari kota ke Sungai Neva dan keluar laut. Kanal ini telah banyak membantu sektor perdagangan, militer dan pencegahan banjir.

3.Kota Kopenhagen, Denmark

Pada tahun 1600-an dibangunlah kanal Kopenhagen yang bertujuan untuk melindungi angkatan laut Denmark. Selanjutnya kanal ini difungsikan sebagai pelabuhan internasional yang mempermudah akses ke Laut Baltik. Lokasi kota terapung ini tepatnya di daerah Nyhavn dan makin popular sampai saat ini. Sebelumnya, penulis dongeng tersohor dari Denmark, Hans Christian Anderson, pernah tinggal di wilayah ini dan membuat cerita yang sampai saat ini diceritakan turun temurun kepada warga setempat juga kepada wisatawan yang datang. Kota terapung ini adalah salah satu tujuan wisata dunia yang popular lengkap dengan restoran, pemandangan alam dan musik yang indah.

4.Kota Amsterdam, Belanda

Amsterdam adalah ibukota negara Belanda, dan disana ada sebuah daerah yang berdiri diatas 165 kanal. Kanal tersebut dibangun pertama kali pada awal tahun 1600. Tujuan utamanya sebagai sarana transportasi dan pertahanan kota. Ada tiga kanal yang dibangun pertama berbentuk pola setengah lingkaran dan mengalir keluar ke wilayah IJ Bay. Sampai saat ini terus ada penambahan kanal yang bertujuan untuk menghubungkan beberapa wilayah di kota yang juga pusat sejarah itu.

5.Kota Annecy, Prancis

Pada tahun 3100 SM ada satu kota kuno yang terhubung dengan kanal Le Thiou, dan Danau Annecy. Danau Annecy adalah danau ketiga terbesar yang ada di Perancis. Sepanjang sejarah kanal di Kota Annecy menjadi penghubung transportasi dan berperan dalam sekctor perdagangan.

Lalu, di abad pertengahan hadirlah pabrik tekstil dan baja di sepanjang tepi kanal tersebut. Sampai saat ini bisnis tersebut masih berkembang di beberapa bagian kota ini. Walaupun begitu banyak spot yang unik dan menarik di Kota Annecy sehingga banyak wisatawan yang berkunjung untuk foto-foto ataupun belajar sejarah ke sini.

6.Cape Coral City, Amerika Serikat

Rencana pembangunan kota ini dimulai pada tahun 1958 dan termasuk dalam wilayah Florida, Amerika Serikat. Sejak saat itu terjadi populasi hampir 200.000 penduduk ke kota ini. Selanjutnya, pembangunan kota ini berfokus pada konsep pengembangan kota berbasis ‘Waterfront Wonderland’.

Kota ini dipagari banyak kanal dari beberapa kota lain di dunia. Kestabilan kanal di kota ini membuat banyak perahu yang berinteraksi ke sini. Kota ini pernah meraih peringkat sebagai satu dari sepuluh kota terbaik untuk menjadi tujuan wisata para pensiunan di Amerika Serikat.

7.Kota Ernakulam, India

Kota Ernakulam terletak di wilayah pantai barat daya India. Kota ini memang mengandalkan saluran air sebagai sarana transportasi untuk menghubungkan diri dengan kota terdekat. Perjalanan darat butuh waktu sekitar 45 menit menggunakan bus dan dengan perahu hanya butuh 15 menit.

Ada lebih dari 30 layanan perahu beroperasi dari berbagai dermaga di wilayah ini. Sampai saat ini Ernakulam menjadi tujuan wisatawan yang ke India.

8.Kota Tongli, China

Kota terapung di China (foto: net).

Kota Tongli bisa dicapai dengan perjalanan sekitar setengah jam dari Kota Suzhou, Wujiang. Kota terapung ini sangat indah dan mempesona. Kehadiran sebuah taman bernama Retreat Reflection Garden membuatnya diincar wisatawan mancanegara dan memang lokasi ini sudah menjadi situs Warisan Dunia UNESCO.

Selain Tongli ada beberapa kota terapung di China yang menjadi tujuan wisata, yaitu Zhouzhuang, Fengjing dan Fenghuang.

9.Kampong Ayer, Brunei Darussalam

Lokasinya terletak di ibu kota negara, Bandar Sri Begawan. Kota ini menjadi kota terapung yang unik karena di situ berdiri sebuah masjid yang terkenal di dunia yaitu Masjid Omar Ali Saifuddin.

10.Banjarmasin, Indonesia

Bukan seluruhnya kota terapung tetapi salah satu bagian di Kota Banjarmasin provinsi Kalimatan Selatan ini sangat terkenal dengan pasar terapung terbesar di Indonesia. Pasar terapung ini mirip di Bangkok, Thailand dan menjadi daya Tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara maupun domestik.

Penulis: Yudith Rondonuwu dan berbagai sumber.

 

Tags: