by

Pertama Kalinya, Christmas Teater Festival Digelar di Sulut

CHRISTMAS THETAER FESTIVAL: Penampilan Teater dari salah satu peserta lomba (Bagitu – Simon Siagian)

MANADO, bagitu.com – Gelaran Christmas Teater festival yang diselenggarakan Pemerintah Propinsi Sulawesi Utara dan Komunitas pelaku seni Sulawesi Utara dimulai Rabu (28/12) hari ini. Event yang diselenggarakan selama 3 hari mulai 28-30 Desember 2016 di Pirates Cafe kawasan Marina Plaza merupakan rangkaian Christmas Festival dalam rangka ibadah perayaan Natal tingkat Nasional tahun 2016 di Sulawesi Utara.

Sebanyak 32 peserta dari berbagai sanggar teater di Sulut turut meramaikan gelaran festival yang baru pertama kali digelar di Sulut. Tak tanggung-tanggung, panitia menghadirkan 3 orang juri yang berstandard nasional, diantaranya Eric MF Dajoh, Iverdikson Tinungki dan Amato Assegaf.

Ketua Panitia Donna Keles kepada Bagitu.com mengatakan, kegiatan diselenggarakan untuk menggiatkan kembali aktifitas seni teater Sulawesi Utara yang selama ini seperti mati suri.

“Ini bentuk kepedulian pemerintah propinsi Sulawesi Utara dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandow ke komunitas seni di Sulut. Kegiatan ini akan diselenggarakan selama 3 hari sejak 28-30 Desember nanti. Seni teater di Sulut ini sangat kaya prestasi di tingkat Nasional tapi sangat miskin aktifitas di daerah, seperti mati suri,” jelas Donna Keles yang juga termasuk salah satu bintang teater terbaik yang dimiliki Sulawesi Utara.

Ini terbilang luar biasa, sekalipun baru pertama kali diselenggarakan, tapi sanggar yang ikut terbilang banyak, ada 32 sanggar teater dari seluruh Sulut, kata Donna. Salah satu juri Nasional Eric Dajoh memberikan apresiasi ke Pemprov Sulut atas penyelenggaraan Christmas Teater Festival.

christmas theater festival 1
Salah satu penampilan teater dari peserta lomba (Bagitu – Simon Siagian)

“Saya sangat memberikan apresiasi Pemprov Sulut ini dengan diselenggarakannya kegiatan ini. Karena Sulut itu sebenarnya salah satu gudangnya pelaku seni. Tapi sebelumnya sangat di anak tirikan. Semoga dengan kegiatan awal ini, perhatian pemerintah Sulut ke kegiatan seni kedepannya bisa lebih baik lagi,” jelas Ketua Federasi Teater Indonesia ini.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Propinsi Sulawesi Utara Ir. Happy Joy Korah kepada bagitu.com mengatakan Pemerintah Propinsi Sulut saat ini sangat mendukung segala aktifitas seni, sesuai dengan Nawacita Pemerintahan bapak Joko Widodo.

“Pemerintah propinsi Sulut dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandow sangat mendukung aktifitas seni di Sulut, karena kegiatan-kegiatan seperti ini sejalan dengan program Nawacita Presiden Joko Widodo. Kegiatan seperti ini akan terus digalakan di semua daerah Sulawesi Utara,” terang Korah.

Hingga berita ini diturunkan, festival pementasan masih terus berlangsung. Acara ini dihadiri ratusan pelaku seni Sulawesi Utara. Tampak juga hadir anggota DPRD Propinsi Sulut Teddy Kumaat yang juga sebagai Ketua Harian Christmas Festival 2016, Sutradara terbaik Nasional asal Sulut Vick “Ungke” Chenore dan pemerhati Seni Olden Kansil.

Penulis : Simon Siagian.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *