by

Rusia dan Turki Sepakat Gencatan Senjata di Suriah

putin erdogan
Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (GettyImages)

MOSKOW, bagitu.com – Setelah melakukan perundingan selama seminggu, Turki dan Rusia akhirnya sepakat untuk melakukan gencatan senjata di Suriah. Kesepakatan itu dituangkan melalui sebuah proposal kerjasama antara kedua negara yang mulai berlaku pada 29 Desember 2016. Hal disampaikan kantor berita Anadolu pada Rabu (28/12/2016) seperti dilansir Reuters

Sumber dari Anadolu mengatakan bahwa Turki dan Rusia sudah mencapai konsensus yang akan diberikan pada pihak-pihak yang terlibat dalam konflik Suriah. Upaya ini juga sebagai tindak lanjut atas tindakan perluasan gencatan senjata di Aleppo yang sudah dilakukan sejak awal Desember 2016.

Sebelumnya juga sudah diadakan perundingan antara Rusia, Iran dan Turki di Moskow pada Senin (19/12/2016) lalu. Hasil dari perundingan itu membawa mereka sepakat untuk membentuk sebuah aliansi baru untuk ketiga negara itu. Perundingan itu digelar sehari setelah peristiwa penembakan Duta Besar Rusia untuk Turki Andrey Karlov di kota Ankara, Turki.

Rusia, Iran dan Turki mengatakan bahwa langkah mereka selanjutnya adalah siap untuk membantu menengahi kesepakatan damai setelah mengadakan perundingan di Moskow di mana mereka melakukan deklarasi untuk menetapkan prinsip-prinsip kesepakatan apapun harus mematuhi.

Menteri luar negeri Rusia pada Selasa (27/12/2016) mengatakan bahwa Pemerintah Suriah telah melakukan perundingan dengan pihak oposisi mungkin untuk kesepakatan damai. Sementara itu kelompok oposisi yang didukung Arab Saudi mengatakan tidak tahu soal perundingan itu tetapi mereka mendukung upaya gencatan senjata.

Penulis: Leon Manua

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *