by

Dubes Yunani Untuk Brasil Hilang, Athena: “No Comment”

Kyriakos Amiridis
Duta Besar Yunani untuk Brasil, Kyriakos Amiridis yang dikabarkan hilang di Rio de Janeiro.

RIO, bagitu.com – Kepolisian negara bagian Rio de Janeiro, Brasil mengeluarkan pengumuman bahwa Duta Besar Yunani untuk Brasil, Kyriakos Amiridis dinyatakan hilang. Pengumuman itu dikeluarga polisi Rio de Janeiro pada Kamis (29/12/2016) siang waktu setempat.

Polisi Rio menyatakan bahwa Kyriakos Amiridis terakhir terlihat pada Senin (26/12/2016) malam waktu setempat di wilayah pemukiman miskin pinggiran utara kota Rio de Janeiro. Namun Polisi Rio tidak memberikan keterangan lebih lanjut tentang laporan hilangnya Amiridis atau aktivitas yang dilakukannya di tempat terakhir kali dia terlihat.

Seorang sumber dari kantor Kedutaan Besar Yunani di kota Brasilia mengatakan bahwa dia tidak bisa mengkonfirmasi kabar tentang hilangnya Duta Besar Amiridis. Dalam laporan Reuters, sumber tersebut mengatakan bahwa Amiridis sedang liburan di Rio dan akan kembali ke Brasilia pada 9 Januari nanti.

Sementara itu pihak Kementerian Luar Negeri Brasil belum memberikan pernyataan terkait kabar hilangnya Amiridis. Hal serupa juga datang dari Athena, Kementerian Luar Negeri Yunani juga tidak memberikan tanggapan apa-apa. Sedangkan berita tentang hilangnya Amiridis sudah tersebar luas di seluruh dunia.

Dugaan sementara Amaridis melintasi daerah Nova Iguacu yang terkenal karena kejahatan dan tingkat kriminalitas yang tinggi. Di Nova Iguacu juga banyak kelompok warga sipil bersenjata yang sering yang merasa berkuasa di wilayah itu. Sedangkan di daerah Baixada Fluminense Greater, Rio de Janeiro beberapa kali terjadi peledakan, penculikan dan pembunuhan para diplomat dalam beberapa tahun terakhir.

Kyriakos Amaridis (59) sebelumnya menjabat sebagai Konsultan Yunani di Rio de Janeiro pada tahun 2001-2004. Kemudian menjabat sebagai Duta Besar Yunani untuk Libya pada tahun 2012-2016. Sejak Januari 2016. Amaridis dikembalikan ke Brasil sebagai Duta Besar Yunani untuk Brasil.

Amaridis sering mengunjungi Rio bersama keluarganya saat sedang liburan, namun sejak Senin (26/12/2016) belum terdengar kabar apapun darinya. Polisi Rio mengatakan bahwa Amaridis sudah beranjak dari rumah kerabatnya di Rio tapi belum kembali ke Brasilia.

Penulis: Leon Manua

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *