Minum Es Kelapa Muda di Bawah Payung, Serunya Wisata di Angkasa Jayapura Papua

NAMA daerahnya Kelurahan Angkasa dan memang berada di lokasi dataran tinggi Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Provinsi Papua. Mungkin itulah alasan, mengapa tempat wisata yang satu ini di kenal dengan nama Wisata Angkasa Jayapura.

Pengunjung menikmati panorama sembari minum kelapa muda. (foto: yudithrondonuwu/ bagitu.com)

Berlokasi 2,25 kilometer dari pusat Kota Jayapura. Jika Anda naik kapal laut dari Pelabuhan Jayapura maka butuh 15 menit perjalanan mobil. Jika naik pesawat Anda membutuhkan waktu 30-45 menit sebab bandara berlokasi di Sentani. Anda bisa menggunakan angkutan umum, taksi, carter mobil ataupun naik ojek untuk mencapai lokasi ini biayanya Rp 75-150 ribu, tergantung nego dengan sopirnya.

Ada banyak spot panorama di daerah Angkasa Jayapura, tapi yang paling terkenal adalah View Pasific Garden Cafe and Resto. Sayapun memilih angkutan umum untuk menuju tempat ini bersama teman-teman saya. Kami sewa mobil, dan kata pak sopirnya, jika dari Sentani tarifnya Rp.100 ribu sekali jalan sampai tujuan. Sopirnya orang Makassar, ramah, selalu tersenyum dan menjawab setiap pertanyaan saya (wawancara) dengan sopan. Memang di Kota Jayapura ini warganya bukan hanya dari suku Papua tapi hampir separuh berasal dari daerah lain seperti Makassar, Jawa, Toraja, Ambon dan Manado.

Saat tiba di View Pasific Garden Cafe and Resto, saya mengira tempatnya besar dan luas. Ternyata arealnya tidak sampai 1 hektar namun sudah ditata sedemikian rupa. Di depan cafe ini ada gapura bertuliskan namanya. Saat masuk Anda akan melihat lantai rumput hijau dan tempat duduk outdoor teratur rapi, bersih. Sebersih udara segar di daerah dataran tinggi yang masih jauh dari polusi.

Ada juga tempat duduk di dalam cafe, dekat kasir dan tempat memesan makanan atau minuman. Waktu berkunjung masih terasa sekali suasana Natal bahkan ada pohon natal dan patung santa clause yang rupanya menjadi tempat berfoto para pegunjung. Di dekat pohon Natal itu ada baliho yang berisi puluhan foto-foto pengunjung yang didokumentasikan pihak pengelola saat berkunjung ke cafe ini.

Sebagian besar pengunjung lebih memilih duduk di luar. Alam terbuka beratapkan puluhan payung yang sudah diatur menjadi hiasan. Payung aneka warna dan motif itu seperti melayang-layang di udara dan menambah semarak dekorasi. Kursi dan meja yang unik karena berasal dari tumpukan ban mobil bekas yang sudah di susun rapi dan dicat warna-warni.

Wisata Angkasa Jayapura. (foto: yudithrondonuwu/ bagitu.com).

Hem.. Berasa terbang di negeri fantasi. Sembari menikmati sejuknya es kelapa muda, duduk di atas permadani (rumput) hijau. Dikelilingi payung-payung seolah melayang di atas udara sambil menatap panorama indah yaitu sebagian dari wajah Kota Jayapura. Ada laut lepas, buih ombak yang berbentuk seperti lipatan kain putih, dan beberapa gugusan pulau yang tampak unik.

Cafe ini memang berada di daerah ketinggian sehingga memungkinkan setiap pengunjung melihat setiap lekukan wilayah kota Jayapura dan laut lepas di seberangnya. Nah, bukan hanya soal panorama, di sini juga terkenal dengan es kepala muda nutri sari susu. Warnanya orange, segar dan cocok dinikmati sambil menghirup udara segar. Anda yang hobi fotografi pasti akan menemukan banyak spot unik di tempat ini.

Cafe ini juga menyuguhkan aneka makanan selayaknya restoran-restoran lain di ibukota. Ada menu nasi goreng, mie goreng, mie kuah, roti bakar aneka rasa, sampai makanan berat seperti rendang dan lainnya. Sinyal ponsel juga oke di sini jadi Anda bisa langsung unggah foto-foto atau video terbaru Anda dari sini. Hemm.. makin penasaran? Sekali-kali berwisatalah ke Jayapura, Papua dan rasakan sensasi wisata yang berbeda.

 

Penulis: Yudith Rondonuwu.

 

Tags: