Organisasi Intelijen Israel ‘Mossad’ Buka Lowongan Cari Agen Perempuan

JERUSALEM, bagitu.com – Mossad sebuah organisasi intelijen di negara Israel memasang iklan ‘lowongan kerja’ di koran nasional. Menariknya, mereka mencantumkan bahwa pencarian agen-agen baru untuk dipekerjaan lebih diprioritaskan untuk kaum perempuan.

Iklan mossad di koran nasional Israel. (sumber: kompas).

Di dalam iklan berlatar hitam itu hanya ada gambar wajah seorang wanita yang dibuat samar seperti gambar siluet. Wajah wanita  dengan rambut terbilang tidak rapi itu nampak seperti sebuah misteri. Yah, misterius seperti keberadaan agen-agen intelejen yang seharusnya.

Tidak banyak tulisan dalam iklan lowongan tersebut. Hanya tercantumkan satu kalimat yang sepertinya menjadi syarat utama dan patut digarisbawahi mereka yang tertarik bergabung. Mossad mencari perempuan yang memiliki kemampuan khusus. Kira-kira itu inti dari yang ingin disampaikan dalam iklan tersebut.

Terkait itu telah beredar kabar bahwa peran Mossad sangat penting dan akan semakin penting bagi negara Israel. Sebuah koran lokal di sana juga menuliskan bahwa Mossad memiliki 40 persen staf perempuan dan 24 persen di antaranya orang berpengaruh dan mempunyai posisi penting. Mereka tersebar di berbagai negara di dunia, bukan hanya di Israel.

Mantan Kepala Mossad Tamir Pardo mengatakan sejak tahun 2012 peran agen perempuan bukti lebih baik kemampuannya dibandingkan agen laki-laki khususnya dalam perang rahasia. Agen perempuan bisa melakukan banyak hal dalam satu waktu alias multitasking. Dalam perkembangannya banyak perempuan hebat yaitu mereka yang multitasking dan stabil dalam emosionalnya. Perempuan yang hebat adalah mereka yang mampu menekan egonya demi tujuan bersama yang lebih penting.

Masih dilansir dari Jerusalem Post, menurut Pardo, fakta kemenangan Mossad dan organisasi intelejen lainnya di dunia membuat perempuan dianggap lebih unggul. Mereka menepiskan pendapat sejumlah ahli bahwa laki-laki lebih stabil dan kuat dalam segala hal. Menurut Pardo, keunggulan perempuan dibanding laki-laki dalam memahami pemetaan wilayah, menganalisa situasi dan kondisi serta penyesuaian diri di tempat manapun.

Organisasi intelijen Israel Mossad berdiri tahun 1949 dan paling disegani. Bukan hanya kemampuan ‘menyusup’ tetapi agen-agennya mampu memberi pengaruh pada kebijakan pemerintah di negara bahkan di daerah tertentu tanpa di ketahui sepak terjang oknumnya.

Dibandingkan CIA milik Amerika Serikat, agen-agen organisasi intelijen Mossad terkenal lebih berani, gesit dan tuntas dalam melaksanakan tugas mencapai targetnya. Agen-agen mereka terlatih dan punya banyak kemampuan diatas rata-rata orang normal. Bukan hanya tingkat intelektual tetapi juga manajemen emosi yang stabil.

Ada beberapa tuduhan terhadap Mossad diantaranya sebutan sebagai dalang pelaku pembunuhan keji hingga isu-isu kekerasan lainnya. Apapun itu, keberadaan Mossad selalu dianggap berperan penting dalam mewujudkan negara Israel yang paling maju di semua bidang dan paling aman dibandingkan negara-negara Timur Tengah lainnya.

 

Penulis: Yudith Rondonuwu.

Tags: