Zaman Makin Canggih Melahirkan Diusia Tua Bukan Persoalan

NEW YORK, bagitu.com – Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) khususnya di bidang ilmu kedokteran dan obat-obatan mempermudah manusia dalam beraktivitas hingga mengatasi persoalan kesehatan. Termasuk persoalan umur yang tepat untuk seorang perempuan melahirkan yaitu di usia 20-35 namun kini dengan kecanggihan IPTEK bisa diusia mana saja.

Seorang nenek dikabarkan melahirkan di usia 80 tahun. (sumber: net)

Direktur medis dari Reproductive Medical Associates di New York, Dr. Eric Flisser mengungkapkan bahwa saat ini usia tidak lagi menjadi indikator bagi program bayi tabung. Program ini akan sangat berhasil bagi pasangan yang ingin memiliki anak dengan menggunakan donor sperma atau sel telur.

Dikatakannya sel telur diimplan ke perempuan yang berusia matang (diatas 35 tahun) bisa diambil dari perempuan berusia muda. Itulah yang mengurangi resiko tidaknormanya kromosom yang acapkali menjadi masalah pada perempuan usia di atas 35 tahun untuk hamil.

Selanjutnya menurut dr Flisser, perempuan berusia di atas 40 tahun sebenarnya memiliki resiko tinggi seperti terjadinya keguguran. Namun, persoalan itu bisa teratasi dengan menggunakan surrogate mother (ibu pengganti). Dalam perkembangannya, kehadiran ibu penganti sudah dilegalkan khususnya di Amerika Serikat. Ibu pengganti adalah seorang perempuan yang meminjamkan rahim wanita lain selama 9 bulan masa kehamilan.

Kemudahan itu ada konsekuensinya yaitu persiapan finansial yang tidak sedikit. Apalagi jika kehamilan dan persalinan di atas usia 50 tahun. Kondisi fisik dan mental ibu harus sehat dan bugar sebab akan mengurus bayi di usia yang mulai tua.

Khusus perempuan Asia, seperti di Indonesia, kemudahan ini akan menjadi sebuah persoalan besar karena adat dan budaya daerah. Sampai saat ini proses mendapatkan anak lewat ‘bayi tabung’ masih menjadi pro dan kontra dari berbagai sudut pandang termasuk agama.

Nah, kabar baiknya bahwa ada beberapa perempuan yang berhasil melahirkan normal di usia atas 35 tahun. Antara lain artis Janet Jackson yang dikabarkan melahirkan anak pertama pada 4 Januari 2017 dengan jenis kelamin laki-laki. Pujian dan motivasi beriring muncul karena adik dari penyanyi tersohor Almarhum Michael Jackson ini, melalui persalinan yang berjalan lancer pada usia 50 tahun.

Sejarah juga mencatat Rajo Devi Lohan, ada seorang perempuan tertua di India yang pernah melahirkan yaitu di usia 70 tahun. Rajo mengakui keberhasilan itu karena ia menjalani terapi kesuburan selayaknya perempuan-perempuan India.

Ada juga di California nenek usia 62 tahun yang tetap sehat usai melahirkan anaknya ke-12. Itu terjadi pada tahun 2006 dengan program bayi tabung. Begitu juga perempuan asal Spanyol umur 66 tahun dengan prosedur yang sama melahirkan bayi dengan lancardi sebuah klinik kesuburan Los Angeles, Amerika Serikat.

Pada tahun 2010 ada survei oleh The Pew Research Center yang menemukan fakta bahwa angka persalinan ibu usia 35-39 tahun naik 47 persen dan persalinan di kelompok usia 40-44 naik hingga 80 persen. Walaupun secara rata-rata banyak perempuan melahirkan di akhir umur 20 tahun.

Banyak literatur menuliskan bahwa usia ideal bagi perempuan untuk melahirkan adalah 20-35 tahun tapi para perempuan baru mau menjadi ibu pada usia 50 tahun. Seperti di negara Inggris yang setiap minggu ketambahan sekitar 3 bayi dari proses kelahiran ibunya yang berusia 50 tahun atau diatasnya lagi. Wow!

 

Penulis: Yudith Rondonuwu.

Tags: