7 Tips Membangun Teamwork Hebat

DALAM sebuah perusahaan atau organisasi pastinya dibutuhkan teamwork yang hebat. Teamwork yang hebat adalah teamwork yang kompak dan dalam mencapai tujuan tidak mengesampingkan kepentingan anggota tim.

Ilustrasi team work (foto: licdn)

Tim yang hebat pasti identik dengan anggota-anggota yang hebat dan pemimpin yang hebat. Teamwork seperti ini tidak akan sulit melakukan strategi mereka dalam mencapai target yang sudah ditetapkan. Nah, seorang pemimpin yang ingin punya teamwork yang hebat harus tahu caranya membangun tim tersebut. Berikut 7 tips yang bisa dilakukan:

1.Mengenal potensi setiap anggota

Meskipun sudah lewat divisi HRD (Human Resources Departement) atau rekomendasi orang tertentu sebaiknya dalam penempatan karyawan/ anggota tim dan pembagian tugasnya disesuaikan dengan minat, bakat atau kemampuannya. Pemimpin harus mengetahui potensi setiap anggotanya secara spesifik.

Sediakan juga wadah untuk menyalurkan minat dan bakat mereka. Jika ada penambahan fasilitas kantor/ organisasi bisa disesuaikan dengan hal tersebut. Misalnya menambah lapangan buku tangkis, meja pimpong, papan catur dan lainnya untuk mereka yang gemar olahraga dan meningkatkan konsentrasi.

Seorang pemimpin yang sukses ketika ia bisa mengali potensi yang terkubur dari karyawan/ anggotanya. Tentu saja dengan potensi itu diharapkan ada hasil yang lebih maksimal bahkan melampaui target.

2.Menjadi Teladan

Sebuah teamwork pasti memiliki pemimpin atau koordinator.  Pemimpin itu harus menjadi teledan dalam pekerjaan maupun gaya hidupnya. Misalnya dalam hal kerja lembur. Jika pemimpin saja mau kerja keras sampai malam karena target yang harus dicapai seharusnya karyawan/ juga tidak mengeluh jika harus lembur karena harus menyelesaikan bagian kerjanya.

3.Target dan strategi yang Jelas

Teamwork akan menjadi hebat jika jelas visi dan misinya. Sederhananya, semua anggota teamwork mengetahui apa tujuan perusahaan/ organisasi mereka dan apa strategi yang akan dibuat. Sekalipun dalam perjalanan strategi akan berubah tetapi hal terpenting bahwa semua harus bergerak. Peran pemimpin penting untuk mengawasi dan membagi rata bagian kerja anggota timnya, supaya terkendali dan segera mencapai tujuan yang sudah dirumuskan dan disepakati bersama.

Poin yang ini juga berkaitan dengan standarisasi pengetahuan. Ini adalah bagian dari strategi. Misalnya pada satu divisi semua yang ada harus memiliki pengetahuan yang merata tetang divisi tersebut agar tidak menyimpang dan meminimalisir konflik antaranggota tim.

4.Prinsip pemimpin bukan bos

Pemimpin bukan bos, bagaimana itu? Pertama, pemimpin memberikan arahan dan teladan sedangkan bos hanya terfokus pada pencapaian keuntungan dan tidak peduli soal keteladanan. Kedua, pemimpin  memberikan masukan serta bantu pemecahan masalah bahkan turun lapangan jika dibutuhkan. Pemimpin tidak hanya mendelegasi tugas lalu pergi.

Ketiga, seorang pemimpin yang ingin punya teamwork hebat harus sering membuat pertemuan di luar jam tugas. Pertemuan bisa berupa makan malam, weekend bersama, family gathering atau kegiatan lainnya. Kegiatan-kegiatan tersebut akan membuat keakraban antara pemimpin dan karyawan/ anggotanya dan bukan tidak mungkin masalah yang dihadapi bisa diatasi bersama.

5.Suasana dan fasilitas

Suasana kerja yang baik ketika orang-orang didalamnya selalu tersenyum, tidak membicarakan orang lain tetapi fokus pada hal-hal positif untuk menunjang pekerjaan. Sikap lainnya yang penting dalam teamwork, yaitu sikap saling menghargai, menghormati dan melindungi.

Selanjutnya, fasilitas yang memadai bisa mendukung selesainya tugas dengan cepat dan tepat. Fasilitas di kantor/ organisasi harus sesuai dengan bidang pekerjaan yang diambil.

 6.Menerima kritik dan saran

Teamwork apalagi pemimpinnya harus mau menerima kritik dan saran dari pihak manapun. Tentu saja dengan sistem seleksi ambil yang baik dan tak usah dianggap jika kritik itu tidak beralasan jelas.

Seorang anggota tim akan menjadi lebih hebat ketika menerima saran ataupun menjadikan kritik sebagai alat motivasinya. Tidak percaya? Coba perbaiki sesuatu yang pernah di kritik untuk membangun kepribadian yang lebih bisa diterima banyak orang.

7.Selesaikan konflik tanpa mengorbankan siapapun

Konflik atau masalah pasti muncul. Seorang pemimpin yang hebat tidak boleh menanggapinya dengan emosi atau responsif. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu akar masalah dan menyelesaikannya. Jika masih bisa diselesaikan atau diperbaiki tidak perlu memecat karyawan atau anggota tim tapi berikan ia kesempatan untuk memperbaiki. Bukan tidak mungkin anggota ini kinerjanya menjadi lebih baik dari sebelumnya. Memecat karyawan atau menganti anggota tim tidak selalu membuat seseorang jera atau mengubah keadaan yang sudah ada.

Nah, itu 7 tips untuk membangun teamwork hebat. Semoga bermanfaat.

 

Penulis: Yudith Rondonuwu.

Rate this article!
Tags: