Jadi Sorotan Publik, Jokowi Kenakan Sarung Dalam Kunjungan Kerja ke Pekalongan

Presiden Joko Widodo saat turun dari pesawat kepresidenan di Semarang, Jawa Tengah. (Setneg)

JAKARTA, bagitu.com – Mungkin sudah menjadi pemandangan yang biasa jika Presiden Joko Widodo mengenakan sarung saat berada di Istana Negara. Sedangkan, saat kunjungan kerja biasanya Jokowi mengenakan busana khas-nya yaitu kemeja putih dengan celana panjang hitam.

Namun kali ini dalam kunjungan kerja ke Pekalongan, Jawa Tengah pada Minggu (8/1/2017) pagi terlihat pemandangan yang tidak biasa dari busana Jokowi. Saat mendarat di Semarang, Jokowi turun dari pesawat kepresidenan dengan mengenakan jas lengkap dengan dasi.

Ada yang berbeda dari penampilannya, Jokowi memilih mengenakan sarung sebagai padanan jas. Pemandangan itu sontak menampilkan sesuatu yang baru dalam paradigma berbusana resmi kenegaraan. Gaya unik Jokowi inipun menjadi sorotan media massa dibalik kunjungan kerjanya.

Jokowi mengunjungi Pekalongan untuk menghadiri acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 H yang bertempat di Gedung Kanzus Sholawat dan di beberapa pondok pesantren. Alasan Jokowi mengenakan sarung dalam kunjungannya ini sangatlah masuk akal, yaitu hanya untuk menyesuaikan dengan acaranya saja.

Presiden Joko Widodo dalam acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 H di Pekalongan, Jawa Tengah. (Setneg)

Kesan unik, menarik dan lebih membaur dengan suasana acara sangat terlihat dari busana Jokowi. Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 H ini terpantau berjalan dengan baik, bersahaja dan Jokowi terlihat begitu membaur dengan para santri, kyai, masyarakat serta pemerintah setempat.

Dalam akun Twitter-nya Jokowi memberikan pesan khusus kepada para santri dan kyai. “Generasi yang akan datang harus pandai mengaji dan berteknologi,” ucap Jokowi pada akun Twitter-nya. Dalam sambutannya di depan para santri, Jokowi mengajak para santri untuk menyebarkan nilai kesantunan dalam masyarakat.

Sarung dikenal dengan busana umat Islam yang dikenakan untuk beribadah sholat, mengaji, ataupun kegiatan keagamaan lainnya. Lebih dari itu, sarung sudah menjadi ciri khas berbusana sebagian besar rakyat Indonesia sejak dahulu kala.

Sebelumnya, Jokowi juga pernah mengenakan pakaian adat masyarakat Sumatera Utara saat kunjungan kerja di Medan. Jadi, bukan hal yang baru lagi ketika Jokowi selalu menyesuaikan gaya busananya dengan acara ataupun tempat yang menjadi tujuan kunjungan kerja kenegaraan.

Presiden Joko Widodo saat malam tahun baru 2017 di Istana Bogor. (Twitter)

Pada malam tahun baru Sabtu (31/12/2016) tengah malam, Jokowi juga sempat mencuit ucapan selamat tahun baru di media sosial Twitter. Hal yang menarik adalah foto yang turut diunggah dalam postingan itu, tampak Jokowi duduk dihalaman Istana Bogor dengan mengenakan kemeja silver dan sarung cokelat-silver.

Penulis: Leon Manua

Tags:
author

Author: