by

Ronaldo Sapu Bersih Gelar, Lionel Messi Dicerca

Christiano Ronaldo sapu bersih gelar individual 2016. (foto:mirror)

ZURICH, bagitu.com— Pesepakbola asal Portugal yang bermain di klub spanyol, Real Madrid, Christian Ronaldo menahbiskan diri menjadi persona sempurna di tahun 2016. Setelah akhir tahun lalu, Ronaldo mendapatkan gelar Balon D’Or, kini kapten timnas Portugal ini meraih penghargaan The Best FIFA Men’s Player 2016 di edisi perdana setelah FIFA resmi berpisah dengan majalah France Football.

Mantan pemain Manchester United ini menyisihkan rival beratnya Lionel Messi dan pesepakbola asal Perancis Antoine Griezzman. Sebelumnya, FIFA menyaring 23 kandidat yang kemudian difilter lagi menjadi tiga finalis.

Penghargaan ini dinilai layak didapat Ronaldo setelah tahun 2016 Ronaldo bermain cemerlang dan menjadi bintang utama di tim Real Madrid dan Timnas Portugal. Real Madrid berhasil meraih liga champion sedangkan timnas Portugal untuk pertama kalinya meraih gelar juara piala Eropa.

Antoine Griezmann juga mendapatkan musim fantastis di tahun 2016, namun sayang di dua final kejuaraan besar dia harus mengakui tim yang dibela Christiano Ronaldo. Di Final Liga Champion, timnya Atletico Madrid harus mengakui keunggulan Real Madrid. Sedangkan di piala Eropa, meski bermain di depan publik sendiri, tim Perancis yang dibelanya harus rela menyaksikan pesta juara yang dirayakan timnas Portugal.

Superstar Barcelona dan kapten timnas Argentina, Lionel Messi justru dinilai tidak menjalani musim yang sempurna. Meski berhasil mengantarkan Barcelona sebagai juara Laliga dan juara Copa del rey, namun kegagalannya di Copa America Centenario dinilai sangat mempengaruhi penilaian. Itu adalah kali kedua Messi bersama Argentinanya takluk di partai Final Copa Amerika lewat lawan yang sama, Chile.

Kegagalan Messi meraih gelar individual tahun 2016, membuatnya makin dicerca. Apalagi dalam penyerahan gelar tersebut, para pilar Barcelona yang diundang tidak menampakkan batang hidungnya. Mereka beralasan berkonsentrasi untuk pertandingan leg kedua Copa del rey menghadapi Athletico Bilbao. Barca saat ini memang tertinggal agregat 1-2 dari Bilbao.

“Cristiano sudah belajar pentingnya penghargaan seperti ini. Leo Messi harus belajar juga, dia harus berada di sini. Sikap Barca yang seperti ini harus dihentikan. Real Madrid juga punya pertandingan tengah pekan ini, tapi mereka mengirim semua perwakilan yang diundang ke Zurich. Madrid dan Barca sama-sama punya kewajiban untuk menang,” sindir legenda Brazil, Roberto Carlos.

Di saat hampir bersamaan, patung perunggu Lionel Messi di Buenos Aires Argentina justru dihancurkan dan disisakan bagian kaki yang sedang menggiring bola. Bagian badan hingga kepala lenyap dicuri orang.

Dalam penghargaan tersebut, FIFA juga mengumumkan pemenang skuat terbaik tahun 2016.

Berikut adalah pemenang FIFA/FIFPro World11 2016:

Penjaga gawang: Manuel Neuer

Bek: Dani Alves, Gerard Pique, Sergio Ramos, Marcelo.

Gelandang: Luka Modric, Toni Kroos, Andres Iniesta

Penyerang: Lionel Messi, Luis Suarez, Cristiano Ronaldo

Kategori pelatih terbaik tahun 2016  dimenangkan oleh Claudio Ranieri yang membawa tim cinderella, Leicester City mengakhiri kedigdayaan tim-tim kaya di liga Inggris. Sedangkan pemain asal Malaysia yang bermain untuk klub Penang FA, Mohd Faiz Subri memenangkan penghargaan Puskas Award 2016, penghargaan ini diberikan kepada pemain yang berhasil mencetak gol terbaik.

Penulis: Franky Tangkudung

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *