Tujuh Pilihan Usaha Bagi Seorang Pensiunan

SEBELUM masa pensiun tiba, sebaiknya Anda sudah memiliki rencana untuk mengisinya. Jika yang akan pensiun itu orangtua Anda maka rencanakanlah kegiatan-kegiatan selain liburan untuk ditawarkan kepada mereka supaya tetap bergairah hidup meski sudah pensiun dan berusia lanjut.

Ilustrasi pensiun. (foto: net).

Sebuah studi di Amerika beberapa waktu lalu menyatakan mereka yang pensiun dengan usia 50 tahun atau lebih, ingin tetap bekerja setelah pensiun. Setengah dari jumlah itu bahkan sudah memikirkan kegiatannya apa saja yang akan dikerjakannya.

Sebenarnya, adanya banyak alasan mengapa para pensiunan harus tetap memiliki kegiatan tetap bahkan bekerja antara lain untuk menjaga kesehatan mental dan tambahan pendapatan. Selain itu, menjalankan kerja sebagai hobi mereka supaya tidak mengalami stress. Berikut tujuh pilihan pekerjaan yang bisa dilakukan:

 

1.Dosen atau Guru Les

Semua pegawai negeri sipil (PNS) pasti memiliki kemampuan khusus. Apakah itu kemampuan mengajar, membuat laporan keuangan, sikap kedisplinan atau pengetahuan berbahasa asing. Nah, mereka yang punya kemampuan di bidang pengetahuan seperti ini bisa menjadi dosen atau guru les mata pelajaran.

Kampus tempat mengajar tidak harus kampus ternama, asalkan Anda bisa menyalurkan hobi dan bakat mengajar sebenarnya ini adalah profesi yang mulia. Jika Anda pensiunan guru sekolah maka tentu menjadi dosen atau guru les akan menjadi hal yang mudah.

Anda bisa membuat lamaran pekerjaan atau mencari kenalan di kampus tersebut untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Sebagai guru les tentu Anda bisa melakukannya secara pribadi atau bergabung dengan sebuah lembaga bimbingan belajar (bimbel).

2.Motivator

Menjadi pensiunan setelah bekerja puluhan tahun adalah pengalaman yang mahal. Ada banyak hal yang sudah Anda lalui. Pengalaman ini tentunya bisa menjadikan Anda seorang motivator di acara pelatihan-pelatihan remaja/ pemuda, organisasi atau perusahaan.

Kemampuan itu bisa dikembangkan dengan mempelajari kiat-kiat menjadi motivator dari motivator yang sudah pernah ada. Tidak ada salahnya meniru kiat-kiat mereka secara positif kan?

 

3.Membuat Yayasan Pendidikan

Tidak perlu modal yang banyak. Jika Anda mengenal beberapa orang pensiunan lainnya atau beberapa orang yang sevisi dengan Anda maka kegiatan ini bisa teralisasi. Hal yang perlu Anda lakukan yaitu survei lokasi supaya mendapatkan tempat yang memerlukan tambahan lembaga pendidikan. Yayasan yang Anda buka bisa mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA bahkan sampai perguruan tinggi. Langkah yang bisa Anda lakukan adalah berdiskusi dengan mereka yang sudah berpengalaman dan kompeten.

 

4.Pengusaha kos-kosan

Bisnis yang satu ini bisa dilakukan dengan memilih daerah yang ramai penduduk seperti di areal sekolah, kampus atau perkantoran. Anda bisa memberdayakan tanah atau rumah Anda, ataupun membangun baru dengan modal pension lalu mengelolanya selayaknya bisnis sewa rumah.

 

6.Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner tidak ada matinya karena setiap orang pasti membutuhkan makanan. Anda yang pension dan memiliki bakat memasak bisa membuka rumah makan atau paket ketring. Jika Anda ingin mengembangkan usaha ini, Anda tidak perlu memasak sendiri, Anda bisa memakai karyawan sehingga bisnis ini benar-benar berjalan dan tidak mati-hidup.

Bisnis ini juga akan membuat Anda tetap beraktivitas dengan dikontrol orang rumah. Berwirausaha, tambah pendapatan tetapi bisa tetap sekaligus berkumpul dengan keluarga.

7.Bisnis Pertanian dan Peternakan

Pertanian dan peternakan atau bisnis bunga hias cocok sebagai usaha setelah pensiun. Sektor ini biasanya digemari orang tua. Peternakan telur, ayam kampung, sapi, ikan, bisnis makanan organik masih dibutuhkan masyarakat banyak. Tentu ini bisnis yang sangat menjanjikan.

 

Penulis: Yudith Rondonuwu.

 

Tags: