Tujuh Cara Praktis Membuat Ruangan Kedap Suara

RUANG kedap suara bukan hanya menjadi kebutuhan tempat usaha karaoke, kantor berkelas atau ruang kerja pejabat. Ruang kedap suara juga menjadi kebutuhan mereka yang ingin mendapatkan ruang bersantai atau ruang istirahat yang lebih tenang.

Ilustrasi: ruang kedap suara (net).

Nah, ternyata persepsi sebagian orang bahwa membuat ruang kedap suara itu membutuhkan biaya mahal adalah salah. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan supaya sebuah ruangan yang terlihat biasa bisa menjadi ruang kedap suara. Ini dia beberapa tips membuat ruang kedapat suara yang bisa Anda aplikasikan sendiri dirumahmu.

1.Pasang tirai tebal

Tirai tebal terdiri dari dua lapisan bahkan lebih. Makanya jangan terkejut apabila harganya mahal. Tirai tebal bisa membuat ruangan lebih kedap suara daripada ruangan yang bertirai tipis apalagi tanpa tirai.

2.Pasang karpet

Saat ini ada berbagai jenis karpet dengan berbagai jenis motif dan warna yang bisa dimanfaatkan sebagai penghias ruangan sekaligus pembuat ruang kedap suara. Semakin tebal karpet semakin mantap ruang peredam suara akan tercipta.

Karpet tebal sebagai alas kaki juga membantu meredam suara langkah kaki atau suara dari ruangan lain untuk merambat ke ruangan tersebut.

3.Gunakan wallpaper dari karton

Dinding bisa meredam suara jika terbuat dari lapisan khusus. Tidak usah menggunakan bahan yang mahal, Anda bisa menggunakan karton telur yang dikreasikan sebagai tambahan wallpaper di dinding ruangan sekaligus peredam suara.

Aplikasikan karton-karton secara kreatif misalnya diwarnai atau diberi motif tertentu lalu dipasang didinding. Selain membuat ruang kedap suara, Anda juga membuat ruangan lebih hidup dan lebih cantik.

4.Gunakan lukisan

Gunakan lukisan sebagai bagian dekorasi ruangan sekaligus peredam suara. Banyak orang tidak tahu bahwa lukisan yang terbuat dari kanvas jika digantung atau ditempelkan didinding akan membantu menciptakan ruangan kedap suara.

5.Tambah hiasan berupa tanaman hidup

Tanaman hias bukan hanya bermanfaat untuk menambah estetika sebuah lokasi tetapi bisa diberdayakan sebagai alat canggih untuk meredam suara dari sebuah ruangan.

Daun dan batang ternyata bisa mengurangi tingkat gelombang suara di ruangan tersebut. Jadi, Anda yang ingin memiliki ruang kedap suara perbanyaklah bunga hias di dalam ruangan tersebut.

6.Letakkan rak buku

Tumpukan buku yang tersusun rapi akan menjadi peredam suara yang efektif. Jadi, Anda yang hobi baca buku dan punya banyak buku, bisa membuat lemari khusus buku dan letakkan didekat dinding ruangan. Cara itu itu bisa membuat ruangan tersebut jadi kedap suara.

7.Kurangi barang pecah belah

Barang pecah belah seperti gelas, piring, keramik merupakan material yang dapat memantulkan suara. Jadi, jika tidak dibutuhkan, singkirkan saja barang-barang itu supaya ada ruang kedap suara.

 

Penulis: Yudith Rondonuwu.

Tags: