Simak 4 Model Liburan Seru yang Patut Dicoba Minimal Sekali

PERKEMBANGAN internet dan media sosial membuat banyak orang senang mengunggah foto-foto petualangannya. Sebagian besar orang berkunjung ke tempat wisata yang ramai pengujung, nginap di hotel berbintang atau berjemur di pantai yang merupakan daerah destinasi wisata.

Menikmati pemandangan dari atas gunung tertinggi di Pulau Jawa, Mahameru-Semeru. (foto: dok.pribadi yudith rondonuwu).

Hemm.. sepertinya itu terdengar sudah biasa. Nah, jika Anda ingin liburan yang berbeda, simak 4 model liburan seru berikut ini. Dijamin, hidup Anda akan terasa lebih hidup karena 4 model liburan ini pasti akan teringat sepanjang hidup Anda.

1.Liburan ke daerah terpencil

Di Indonesia banyak sekali daerah terpencil yang kini mulai menjadi destinasi wisata, misalnya beberapa pulau di Papua Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), daerah kepulauan Sitaro, Sangihe atau Talaud di Sulawesi Utara atau ke pelosok Pulau Dewata Bali. Tentu saja ini akan menjadi liburan yang seru sebab Anda harus menggunakan alat transportasi tradisonal mungkin itu perahu, roda sapi atau bahkan jalan kaki.

Daerah terpencil tidak selalu identik dengan suku tertinggal yang tidak senang dengan kedatangan orang luar. Asalkan Anda datang tidak untuk merusak apapun di sekitar Anda pastilah semua akan berjalan lancar. Liburan ala backpacker pasti cocok. Jangan lupa pilih daerah yang pemandangannya apik supaya Anda juga bisa memperkenalkan keindahan Indonesia di mata dunia yang masih tersimpan sebagai potensi wisata.

Tipsnya mulailah dari menentukan satu tempat yang ingin Anda kunjungi. Cek tiket dan jalan-jalan yang akan Anda lalui beserta alat transpotasi. Artinya pelajari jalur yang akan Anda lalui, alternatif lain serta carilah seseorang yang mungkin pernah ke daerah itu. Bisa teman Anda atau seorang blogger yang pernah menulis tentang daerah itu.

Ajak teman yang juga ingin liburan seru. Kalaupun harus sendiri why not? Persiapkan logistik dan mental Anda. Jangan lupa ponsel cadangan, baterai cadangan, peta dan kompas.

2.Detoksifikasi Digital

Detoksifikasi Digital artinya liburan tanpa menggunakan ponsel, komputer, atau televisi dalam beberapa hari. Hal ini penting untuk menetralkan pikiran Anda. Bukan tidak mungkin selesai dari liburan ini, otak Anda akan makin kreatif dan Anda akan makin bersemangat dalam bekerja dan mengisi hari-hari hidup Anda.

Tidak usah banyak tempat, Anda hanya perlu memilih satu tempat liburan di pinggir kota yang tidak terlalu banyak pengunjung. Misalnya sebuah cottage di pulau kecil dekat tempat tinggal Anda ataupun yang agak jauh.

3.Mendaki Gunung

Liburan dengan mendaki gunung menjadi hal biasa bagi mereka yang gemar olahraga hiking. Tentu saja bukan berarti Anda yang belum pernah mendaki tidak bisa menikmatinya. Mendaki gunung bukan hal biasa sebab banyak orang menemukan jati dirinya ketika mendaki gunung. Bagaimana melawan rasa takut, membangun solidaritas dengan sesama dan meraih puncak tanpa menyerah.

Tentukan sebuah gunung dan pelajari jalur pendakiannya. Anda bisa bergabung dengan sebuah kelompok yang punya jadwal pendakian ataupun membuat kelompok sendiri dengan ajak seorang teman yang juga ingin liburan seru.

Mendaki gunung dipercaya banyak orang bisa menghilangkan stress dan membuat hidup lebih bersemangat.

4.Liburan ala volunteer

Info trip volunteer bisa ditemukan dari internet. Liburan dengan model satu ini akan membuat Anda merasakan suasana kehidupan sebagai penduduk lokal di daerah itu sekaligus mendapatkan teman-teman baru.

Berbaur dengan masyarakat Ranupane, Lumajang, Jawa Timur. (foto: dok.pribadi yudith rondonuwu).

Ada banyak kegiatan organisasi maupun resmi dari pemerintah yang mencari volunteer untuk ditempatkan beberapa hari atau beberapa bulan di sebuah desa yang ingin dikembangkan. Biasanya para volunteer akan berbagi tentang cara hidup yang sehat mulai dari cara mengelola barang bekas, cara mengelola keuangan, cara melukis, cara bermain alat music hingga cara mengosok gigi yang benar.

Anda bisa mendaftar di situ jadi selain liburan Anda bisa berbakti bagi nusa dan bangsa. Model yang satu ini dijamin akan membuat Anda merasakan liburan yang sangat istimewa.

So? Apapun pilihan model liburan Anda, jangan lupa pelajari dulu jalurnya, keadaan penduduknya dan jangan lupa cari tiket promo pesawat dan hotel atau penginapan Anda, supaya bisa berhemat dan bisa mengunjungi tempat-tempat lain di waktu yang akan datang. Selamat berlibur seru.

 

Penulis: Yudith Rondonuwu.

Tags: