Disambut Kerusuhan, Donald Trump Resmi Jadi Presiden AS ke- 45

Presiden Amerika Serikat ke 45, Donald Trump

WASHINGTON, bagitu.com—Donald Trump resmi menjadi Presiden Amerika Serikat ke-45 setelah membacakan sumpah dan dilantik di Capitol Hill, Washington DC, Jumat (20/1) waktu setempat.  Donald Trump dan wakilnya Mike Pence saat membacakan sumpah dipandu hakim agung John J Roberts Jr serta didampingi keluarga.

“Saya Donald John Trump, bersumpah untuk menjalankan jabatan sebagai Presiden AS dengan seluruh kemampuan saya, melestarikan, melindungi dan mempertahankan konstitusi Amerika Serikat. Tuhan bantulah saya,” katanya menirukan apa yang dibacakan.

Selain pembacaan sumpah, hal yang paling ditunggu adalah pidato resmi Trump setelah resmi dilantik menjadi Presiden AS ke- 45. Dalam pidatonya, Trump mengatakan dirinya akan membangun dengan mengutamakan rakyat AS, mengembalikan lapangan kerja dan membangun kembali perekonomian AS.

“Membeli produk Amerika dan mempekerjakan orang Amerika,” katanya.

Dia juga yakin, bersama rakyat dirinya bisa membawa Amerika Serikat makin berjaya dibanding saat ini.

“Kami akan membuat Amerika kuat lagi. Kami akan membuat Amerika kaya lagi. Kami akan membuat Amerika bangga lagi dan bersama-sama kita akan membuat Amerika besar lagi,” tutup Trump.

Namun, sebelum dilangsungkannya pembacaan sumpah tersebut, kerusuhan terjadi di sepanjang jalan Washington. Ratusan aktivis yang menggunakan pakaian hitam berteriak dan menghancurkan sejumlah jendela toko, merusak mobil serta memblokir lalu lintas. Mereka juga terlibat bentrok dengan pihak keamanan. Polisi menembakkan gas air mata dan granat kejut untuk mengatasi amukan massa.

Mereka bersenjata palu menghancurkan jendela-jendela bangunan yang jadi simbol sistem kapitalis Amerika. Kerumunan massa mengusung spanduk dan meneriakkan slogan-slogan anti-Trump. “Membuat Rasis Takut Lagi,” memelesetkan slogan milik Trump yang selalu didengungkannya saat kampanye lalu, “Membuat Amerika Besar Lagi”.

Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, yang juga mantan Ibu Negara dan rival Trump dalam pemilihan Presiden AS Hillary Clinton terlihat menghadiri inaugurasi Donald Trump. Hillary Clinton menjelaskan, kehadirannya dalam acara tersebut untuk menghormati demokrasi bangsa Merika Serikat dan nilai-nilai yang abadi. Mengenakan pakaian serba putih, dia terlihant anggund dan berwibawa, Hillary hadir bersama suaminya yang juga mantan Presiden AS Bill Clinton.

Diketahui, Donald John Trump meraih kemenangan dalam pemilihan umum pada Awal November 2016 lalu sehingga terpilih sebagai Presiden ke-45 AS. Sosok yang diusung Partai Republik itu mendobrak dinding Partai Demokrat, yang menempatkan Presiden Barrack Obama memimpin Amerika Serikat selama dua periode.

Penulis:Franky Tangkudung

Tags: