by

Pelatih Baru PSSI Luis Milla Langsung Diberi Target Besar

Pelatih baru timnas Garuda, Luis Milla. (foto:cnn)

JAKARTA, bagitu.com— Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) akhirnya menjatuhkan pilihan kepada Luis Milla, sebagai pelatih kepala tim senior sekaligus tim U22. Milla selama 2 tahun untuk menjadi pelatih Indonesia, diharapkan bisa membawa kesuksesannya seperti kala membawa Timnas Spanyol U-21 menjadi menjuarai Piala Eropa U-21 pada 2011 lalu. PSSI langsung memberi target Milla membawa juara tim Indonesia di ajang Sea Games 2017 nanti.

“Saya sangat senang  dan antusias dengan sambutan yang diterima mulai saya tiba di Jakarta. Saya yakin bisa membentuk tim yang bagus, sangat penting untuk saya menerima pekerjaan ini,” katanya dalam jumpa pers, Jumat (20/1).

Milla sebelumnya melakukan presentasi tentang metode kepelatihan dan targetnya di hadapan sejumlah pengurus PSSI di kantor PSSI. Dia terpilih mengungguli nama Luis Fernandez yang disebut memiliki kans lebih besar untuk posisi ini.

Masalah bahasa diperkirakan akan menjadi tantangan tersendiri bagi Milla, karena dirinya memang diketahui tak cukup fasih berbahasa inggris. Namun dia berjanji akan bekerja professional untuk membangun sepakbola Indonesia.

“Masalahnya mungkin di komunikasi, namun yang terpenting adalah bekerja keras dan profesional. Pengalaman professional saya di Eropa akan ditransfer ke para pemain hingga meingkatkan performa mereka,” jelas Milla.

Selain Luis Milla dari Spanyol, PSSI berencana akan menyandingkan beberapa nama pelatih lokal untuk mendampingi Milla di tim senior dan timnas U-22.

Di sisi lain, untuk pembinaan sepak bola usia muda, PSSI kini memberikan perhatian lebih. Dua nama pelatih ternama sudah disiapkan untuk memoles dan mencari bakat pemain muda di tanah air.

Untuk tim nasional U-19, PSSI kembali mempercayakan jabatan tersebut kepada pelatih yang pernah membawa Indonesia menjadi juara piala AFF, Indra Sjafri. Sedangkan untuk tim nasional U-15, PSSI menunjuk mantan gelandang mungil asal PKT Bontang, Fachri Husaini. Keduanya kini memang sudah mengikat kontrak dengan Bali United dan Bontang FC, sehingga PSSI harus menyelesaikan perjanjian kontrak mereka tersebut.

“PSSI tentunya sudah mengirim surat ke Bali United dan Bontang FC. Ada beberapa hal yang harus dilalui untuk menyelesaikan kontrak keduanya.  Mungkin pekan depan kami kenalkan,” Kata Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono di Kantor PSSI, Kuningan, Jakarta.

Joko Driyono juga menegaskan keduanya juga diberikan target untuk bisa membawa timnas Indonesia menjadi juara piala AFF.

Penulis : Franky Tangkudung

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *