Presiden Jokowi Ikuti Kontes Robin Hood

Presiden Joko Widodo. (foto:kompas)

BOGOR, bagitu.com— Presiden Joko Widodo mengikuti kejuaraan panahan Bogor Open Archery Championship 2017 di Lapangan Pusdikzi TNI AD, Jalan Sudirman, Bogor Jawa Barat, Minggu (22/1). Dalam kejuaraan tersebut, Presiden Jokowi bersaing dengan puluhan pemanah lain dari berbagai daerah, termasuk menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi.

Sejak masuk ke rena pertandingan, Presiden Joko Widodo tampak serius mengikuti kontes Robin Hood ini. Dia mengenakan baju lengan panjang dipadu celana berwarna serba hitam dengan nomor dada 16.

Presiden Jokowi terlihat masuk ke dalam lokasi pertandingan didampingi Menpora Imam Nahrowi yang juga ikut bertanding, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, dan Kapolda Jabar Anton Charliyan.

Kejuaraan Panahan Bogor Terbuka 2017 terdiri atas tiga kelas yakni Recuve, Compound, dan ronde nasional standar bow. Presiden mengikuti kejuaraan ronde nasional standar bow kategori eksekutif.

Presiden Jokowi menjadi peserta kelas ronde nasional eksekutif 20 meter. Di nomor ini Presiden Jokowi  akan melepaskan sebanyak 36 anak panah untuk memperebutkan nilai tertinggi.

Setelah menghabiskan seluruh anak panah yang disiapkan, ternyata Presiden Jokowi tak bisa menembus lima besar pemanah. Meski begitu, Presiden Joko Widodo tetap puas dengan hasil yang sudah didapatnya.

“Tadi nilanya 107, lebih dari 100 dan kena kuningnya sekali. Tujuan saya ikut lomba adalah untuk memotivasi, mendorong semua atlet panahan baik yang masih junior maupun senior,” katanya.

Dia menjelaskan, memanah memerlukan tingkat konsentrasi yang tinggi untuk membidik target. Karena itulah dia mengaku berlatih setiap pekannya untuk meningkatkan konsentrasi dalam membidik target. Hal ini sudah dilakukan selama delapan bulan terakhir.

“Berlatih setiap hari Sabtu dan Minggu, biasanya sebelum panahan lari dulu enam sampai tujuh kilo,” terang Jokowi.

Yang menarik hasil yang diperoleh Presiden Joko Widodo melebihi nilai yang diperoleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi. Menpora yang mengenakan nomor dada 12 hanya bisa memperoleh nilai 111.

Selama berlangsungnya kejuaraan panahan tersebut, Presiden Jokowi didampingi Rizal Barnadi dari Pajajaran Archery Club Kota Bogor sebagi pelatih yang juga Ketua Persatuan Panahan Indonesia Kota Bogor.

Kejuaraan Panahan Bogor Terbuka atau Bogor Open Archery Championship 2017 diikuti 630 peserta dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua.

Penulis: Franky Tangkudung

Tags: