Mau Dapat Beasiswa Penuh di Belanda? Simak Informasi Berikut Ini

JAKARTA – Belanda adalah satu dari beberapa negara di dunia yang menjadi tempat kuliah favorif pelajar dari Indonesia. Ada berbagai alasan mengapa negara ini menjadi favorit antara lain tawaran beasiswa penuh (full) yang bekerjasama dengan pemerintah Indonesia.

Ilustrasi berburu beasiswa luar negeri. (net)

Selain daya tarik itu, Belanda menjadi pilihan studi pelajar Indonesia karena disana masih banyak orang Indonesia bahkan banyak restoran yang menawarkan kuliner nusantara. Harga makanannya memang sedikit mahal dibandingkan di Indonesia tapi cukup sebanding untuk harga ‘menepis rindu’ kampung halaman.

Selanjutnya, kelebihan lainnya di Belanda yaitu banyaknya kampus yang program studinya menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris. Sehingga pelajar dari Indonesia tidak harus mempelajari Bahasa Belanda untuk belajar ke Belanda.

Hal ini juga diungkapkan dalam Agent Briefing Promosi Pendidikan Nuffic Neso Indonesia-Belanda 2017, Jumat (19/01) oleh Tim Koordinator Inty Dienasari. Diungkapkannya juga bahwa setiap tahun, rata-rata 1.500 mahasiswa Indonesia berangkat melanjutkan studi S1, S2 ataupun S3 ke Belanda.

Salah satu program beasiswa resmi yang menjadi jalur untuk melanjutkan studi di Belanda adalah Studeren in Nederlannd (StuNed). Program ini menawarkan beasiswa untuk studi lanjutan master (S2), program short course, dan tailor made training khusus warga negara Indonesia. Program StuNed adalah bagian dari kesepakatan bilateral Pemerintah Indonesia dan Belanda yang bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM).

Program master (S2) di StuNed bisa dilamar pelajar fresh graduate atau profesional yang sudah punya pengalaman kerja. Program ini memungkinkan pelajar mendapatkan beasiswa penuh (full).

Artinya pelajar akan dibantu mulai dari keberangkatan pergi-pulang Indonesia-Belanda, pembayaran seluruh biaya uang kuliah, biaya hidup, uang saku, serta tambahan biaya lain yang berhubungan dengan kegiatan studi di Belanda.

Syarat untuk mendapatkan beasiswa StuNed tidak sulit. Pertama harus memiliki IPK minimal 3,00 dalam skala 4,00. Kedua, kemampuan berbahasa Inggris yang baik dibuktikan dengan hasil tes TOEFL IBT di atas 80 atau nilai IELTS minimal 6,0. Syarat lainnya sama seperti syarat-syarat untuk mendapatkan beasiswa pada umumnya.

Nah, beasiswa lain yang bisa menjadi pilihan calon mahasiswa Internasional adalah beasiswa Netherland Fellowship Programme (NFP). Jika StuNed khusus untuk pelajar Indonesia, NFP adalah beasiswa yang ditawarkan kepada pelajar dari 51 negara berkembang lainnya di dunia. Proses penyaringan langsung oleh tim universitas yang menjadi tujuan studi di Belanda.

Jadi, mahasiswa daftar ke universitas sesuai program studi yang diidamkan. Pendaftaran tentu saja bisa dilakukan secara online. Selanjutnya setelah diterima melalui surat belasan (e-mail) mahasiswa segera mengajukan permohonan NFP ke universitas tersebut. Selanjutnya, universitas akan menyampaikan permohonan dari pelajar-pelajar yang lolos penyaringan awal ke kantor Nuffic di Den Haag, Belanda.

Permohonan tersebut akan didistribusikan ke kedutaan di masing-masing negara asal pelajar yang melamar. Lalu, kedutaan terkait akan menilai dan memberi rekomendasi kembali ke Den Haag. Selanjutnya, Nuffic akan menyampaikan rekomendasi itu ke universitas. Terakhir jika memang lolos maka universitas akan mengirimkan hasilnya ke pelajar yang melamar.

NFP juga bisa diraih mereka yang sudah memiliki pengalaman kerja minimal tiga tahun. Tentu saja pelamar harus direkomendasikan oleh institusi tempat dia bekerja. Hal ini sesuai dengan tujuan kerjasama bilateral yaitu supaya pelajar-pelajar tersebut dapat kembali untuk membangun negara dan insititusi tempat mereka bekerja.

Selain StuNed dan NPF ada juga program beasiswa parsial Holland Scholarship dan Orange Tulip Scholarship (OTS). Program ini untuk program S1, S2 maupun program persiapan atau foundation.

Program OTS, pendanaannya beasiswa tergantung kepada skema yang ditawarkan universitas. Holland Scholarship akan memberikan potongan biaya sebesar 5.000 euro pada tahun pertama kuliah. Beasiswa ini ditawarkan untuk pelajar di luar kawasan Area Ekonomi Eropa (EEA).

Itulah informasi beasiswa di Belanda yang bisa menjadi rekomendasi bagi pelajar yang ingin studi di sana. Ingat terpenting adalah kesiapan mental dan pelajari syarat-syarat sebelum mengajukan permohonan beasiswa. Informasi lebih lanjut bisa Anda peroleh di situs web Nuffic Neso Indonesia. Selamat mencoba dan jika bergantung pada Tuhan pasti bisa karena bagi Tuhan tak ada yang mustahil.

 

Penulis: Yudith Rondonuwu.

 

Tags: