Bhayangkara FC Vs PS TNI, Ini Pembagian Grup Lengkap Piala Presiden

Presiden Jokowi menyerahkan Piala Presiden I kepada Persib Bandung. (foto:lip6)

JAKARTA, bagitu.com— Tim asuhan Kepolisian Republik Indonesia, Bhayangkara FC akan berjibaku dengan tim yang dibina Mabes TNI, PS TNI dalam pertandingan Piala Presiden 2017 untuk memperebutkan tiket ke babak selanjutnya. Kedua tim ini bersama Arema Malang FC dan Persija Jakarta tergabung dalam grup 2 di pembagian grup yang dilakukan PSSI. Sementara itu Juara bertahan Persib Bandung tergabung di Grup 3 bersama PSM Makassar, Persiba Balikpapan, dan Persela Lamongan.

Perhelatan Piala Presiden jilid dua ini dijadikan turnamen pramusim jelang dimulainya Liga Indonesia. Piala Presiden 2017 ini akan menyajikan kick off perdana pada tanggal 4 Februari. Pada tahun 2015 lalu, Piala Presiden digelar untuk mengisi kekosongan kompetisi di dalam negeri. Kala itu, kompetisi PSSI dihentikan karena pemerintah membekukan status PSSI.

Format turnamen kali ini menggunakan sistem tuan rumah di setiap grup. Peserta turnamen tersebut dibagi ke dalam lima grup dan masing-masing grup diisi empat kesebelasan. Juara grup dan tiga runner up terbaik akan lolos ke perempat final yang akan dibagi ke dalam dua grup.

Selanjutnya, Juara dan runner-up pada masing-masing grup di perempat final akan lolos ke semifinal. Pada babak semifinal berlaku sistem gugur dengan pertandingan kandang dan tandang. Sedangkan, babak final hanya akan dilangsungkan sekali. Ada lima kota yang ditunjuk sebagai tuan rumah di setiap grupnya. Kelima kota tersebut adalah Bandung, Bali, Malang, Madura, dan Sleman.

Untuk hadiah, tidak terjadi peningakatan hadiah dibanding edisi sebelumnya yakni untuk tim juara mendapat Rp3 miliar, runner-up Rp2 miliar, posisi ketiga Rp1 miliar dan peringkat keempat Rp500 juta.

Selain itu, PSSI akan memberikan hadiah untuk pemain terbaik, wasit terbaik, dan juga top skor. Semua hadiah tersebut akan diserahkan diberikan setelah berlangsungnya partai puncak Piala Presiden 2017.

Pada perhelatan Piala Presiden 2015 lalu, ajang ini mendapat antusiasme dari seluruh pecinta sepakbola di Indonesia. Kejuaraan ini juga diharapkan memberikan tontonan menarik buat rakyat Indonesia yang sudah lama menantikan Indonesia bisa berprestasi di tingkat Internasional.

Ini hasil selengkapnya pembagian grup Piala Presiden 2017.

Grup 1

1 PSS Sleman

2 Persipura Jayapura

3 Mitra Kukar

4 Persegres Gresik

Grup 2

1 Arema FC

2 Bhayangkara Fc

3 Persija Jakarta

4 PS TNI

Grup 3

1 Persib Bandung

2 PSM Makassar

3 Persiba Balikpapan

4 Persela Lamongan

Grup 4

1 Bali United

2 Sriwijaya FC

3 PBFC

4 Barito Putera

Grup 5

1 Madura United

2 Semen Padang

3 Perseru Serui

4 PSCS Cilacap.

Penulis: Franky Tangkudung

Tags: