Serena Williams Patahkan Rekor Steffi Graf

Petenis AS, Serena Wiliams. (foto:inquirer).

MELBOURNE, bagitu.com– Duo Williams asal Amerika Serikat menjadi bintang dalam kejuaraan grand slam Australia 2017 nomor tunggal putri. Serena dan kakaknya Venus Williams bertarung di babak final kejuaraan grand slam untuk kali kesembilan.

Dalam pertarungan 82 menit tersebut, Serena berhasil menang dua set langsung 6-4 dan 6-4  untuk meraih kemenangan ketujuhnya atas Venus di final grand slam serta kemenangan ke-17 atas Serena dalam 28 pertemuan.

Dengan hasil ini, Serena Willliams berhasil menggenapi piala grand slamnya menjadi 23 buah atau lebih banyak satu trofi dari legenda tenis asal Jerman, Steffi Graff. Bukan hanya itu, kemenangan ini juga membuat Serena kembali merampas posisi petenis nomor satu dunia yang diduduki petenis Jerman, Angelique Kerber.

Rekor lain yang dicetak Serena adalah menjadi petenis tertua yang bisa meraih gelar major grand slam pada open era. Saat partai final Serena berusia 35 tahun dan 125 hari. Sedangkan sang kakak juga menjadi petenis tertua yang tampil dalam kejuaraan ini dengan usia 36 tahun. Gelar juara ini merupakan gelar ketujuhnya di Rod Laver Arena Melbourne Park, Australia Terbuka.

Sesaat setelah pertandingan, kedua kakak beradik kemudian saling memuji dan memnuat penonton berdecak kagum.

“Serena, selamat atas titel ke-23 kamu. Saya bangga kepada kamu,” kata Venus,

Serena yang mendengar hal tersebut, langsung membalaskan pujian dan terima kasih untuk sang kakak tercinta.

“Sebuah hal yang mustahil bisa meraih 23 titel grand slam dan menjadi petenis nomor satu dunia tanpa Venus. Dia merupakan tokoh inspirasi saya. Dia adalah satu-satunya alasan saya bisa berdiri di sini dan Williams bersaudara tetap eksis,” kata Serena Williams.

Serena kini berada di peringkat dua pengumpul gelar grand slam terbanyak. Dia kini masih tertinggal satu trofi dari legenda tenis asal Australia yang merebut 24 titel grand salam.

Berikut daftar petenis tunggal putri peraih grand slam terbanyak sepanjang masa:

  1. Margaret Court (Australia/1960-1973) 24
  2. Serena Williams (AS/1999-sekarang) 23
  3. Steffi Graf (Jerman/1987-1999) 22
  4. Helen Wills Moody (AS/1923-1938) 19
  5. Chris Evert (AS/1974-1986) 18
  6. Martina Navratilova (AS/1978/1990) 18

Diketahui, petenis putri kelahiran 26 September 1981 ini memegang peringkat satu untuk 186 minggu berturut-turut dan total bertengger di peringkat satu selama 310 minggu. Serena Williams telah menjuarai 39 gelar Grand Slam yang terdiri atas 23 gelar tunggal, 14 gelar ganda dan 2 gelar ganda campuran. Ketiga belas gelar Grand Slam gandanya dia menangi bersama kakaknya, Venus.

Pada Olimpiade 2012, dia memenangi medali emas dari sektor tunggal maupun ganda. Dia adalah petenis yang berhasil meraih “golden slam” atau meraih empat turnamen Grand Slam dan Olimpiade di nomor tunggal. Dia juga  memenangi ‘Golden Slam’ di sektor ganda. Dia adalah satu-satunya petenis, pria ataupun wanita, yang memiliki gelar ‘Golden Slam’ di kedua sektor tersebut.  Dia kini diklaim disebut sebagai petenis tunggal putri terbaik yang pernah ada.

Penulis: Franky Tangkudung

Tags: